Roma (ANTARA News) – Kandidat perdana menteri Italia Giuseppe Conte pada Minggu (27/05), menyerahkan mandatnya untuk membentuk pemerintahan setelah pembicaraan dengan presiden mengenai kabinetnya mengalami kegagalan.

"Saya menyerahkan mandat saya untuk membentuk pemerintahan perubahan," kata Conte kepada para wartawan setelah meninggalkan pembicaraan dengan Presiden Sergio Mattarella yang gagal.

Baca juga: PM Italia jalani operasi jantung

Conte berterima kasih kepada para presiden dan pemimpin Gerakan Bintang Lima dan Liga yang berusaha membentuk pemerintahan koalisi, "karena telah menunjuk saya sebagai kandidat."

"Saya dapat meyakinkan Anda bahwa saya telah memberikan upaya maksimal dan perhatian maksimum dalam melaksanakan tugas ini, dan saya dapat meyakinkan Anda bahwa saya sudah melakukannya dalam kondisi kerja sama penuh dengan perwakilan kekuatan politik yang menunjuk saya sebagai kandidat," kata Conte.

Conte (53), seorang pengacara dan politikus pemula, dipilih sebagai perdana menteri pada Rabu, tetapi dia masih harus memberikan daftar para menteri yang harus disetujui oleh kepala negara sebelum mandatnya sepenuhnya efektif dan pemerintahnya dapat meminta persetujuan di parlemen, AFP.(hs)

Baca juga: PM Italia resmi mundur

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018