Jakarta (ANTARA News) - Warganet mengeluhkan mereka tidak bisa mengakses situs belanja online JD.ID dan  Bukalapak selama beberapa jam ini.

Melalui Twitter, mereka menginformasikan terkendala saat melakukan transaksi, tidak menerima konfirmasi pembayaran hingga mempertanyakan status pesanan mereka karena kendala tersebut.

Pantauan ANTARA News pada pukul 14.15, situs JD.ID sudah dapat diakses sementara Bukalapak masih berupa halaman kosong berwarna magenta, disertai informasi "Maintenance".

Saat dikonfirmasi, Bukalapak menyatakan saat ini mereka sedang melakukan perbaikan karena Biznet, selaku penyedia hosting untuk mereka, mengalami kendala mati listrik.

"Untuk para konsumen, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, saat ini sedang terjadi kendala pada sistem kami (maintenance). Saat ini tim kami sedang bekerja keras untuk penanganan hal ini, mohon menunggu dan silakan melakukan percobaan secara berkala," kata Corporate Communication Manager Bukalapak, Evi Andarini saat dikonfirmasi ANTARA News melalui pesan singkat.

Bukalapak menyatakan mereka sedang memprioritaskan agar sistem dapat pulih dan berjalan normal, mereka belum mau mengungkapkan mengenai kerugian akibat masalah ini.

JD.ID belum memberikan komentar mengenai kendala ini, sementara Biznet menyatakan belum dapat memberikan penjelasan terkait kendala yang menyebabkan dua e-commerce tersebut tidak dapat diakses.

Baca juga: Bukalapak rencanakan pusat riset di Bandung

Baca juga: 5 aplikasi belanja terpopuler

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018