Berlin (ANTARA News) - Kiper Jerman Manuel Neuer akan kembali dari absen sembilan bulan karena cedera untuk pertandingan persahabatan melawan Austria, Sabtu pekan ini. Dia berpacu melawan waktu demi Piala Dunia bulan depan, kata pelatih kiper Andreas Koepke seperti dikutip Reuters.

Kiper nomor satu Jerman selama lebih dari delapan tahun itu tidak pernah memainkan satu pun pertandingan resmi sejak mengalami retak tulang kaki September tahun silam namun Koepke mengatakan ia berada di jalur Rusia.

"Itulah rencananya," kata Koepke kepada para pewarta di pemusatan latihan mereka di Eppan, Italia Utara. "(Pertandingan) internasional melawan Austria di mana ia akan melakukan banyak hal."

Kapten Jerman berusia 32 tahun itu bermain selama 30 menit pada pertandingan latihan melawan timnas Jerman U-20 pada Senin, dan akan kembali bermain selama 30 menit ketika kedua tim bertemu, Rabu ini.

Baca juga: PIALA DUNIA - Salah dan Ramos bisa saling berhadapan lagi

Tim juara dunia itu akan bertahan di Italia sampai 5 Juni, sehari setelah tenggat waktu untuk pengumuman skuad final berisi 23 pemain. Pelatih Joachim Loew membawa 27 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di mana empat pemain akan dicoret, termasuk satu dari empat kiper.

"Manuel memerlukan pertandingan-pertandingan seperti ini setelah cedera panjang agar 100 persen bugar," kata Koepke.

Koepke juga memberi indikasi bahwa Neuer yang bugar akan menjadi pilihan utama, mengungguli tiga kiper lainnya -- Kevin Trapp, Marc-Andre ter Stegen, dan Bernd Leno -- yang dipanggil Loew untuk masuk skuad sementara.

Jerman, yang juga menghadapi Arab Saudi di Leverkusen pada 8 Juni pada pertandingan pemanasan terakhir, menghuni Grup F bersama Swedia, Korea Selatan, dan Meksiko. Turnamen akbar itu akan dimulai pada 14 Juni, demikian Reuters.

(H-RF/A020)

Baca juga: Skuad empat negara penghuni Grup F

Pewarta: ANTARA
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018