Majalengka, Jawa Barat (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR, Muhaimin Iskandar, mengimbau masyarakat desa di Kabupaten Majalengka memanfaatkan keberadaan Bandara Internasional Kertajati, yang sudah mulai beroperasi sejak 24 Mei 2018 lalu. 

Menurut pria yang sering disapa Cak Imin itu, dengan mengaktifkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), masyarakat punya peluang mengembangkan ekonomi kreatif yang khas, serta berdaya saing tinggi, guna menarik turis domestik dan asing.

"Butuh strategi dan setting. Keberadaan bandara bukan jadi beban bagi masyarakat, tapi pendorong kemajuan desa," ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Rabu. 

Cak Imin mengatakan, saat ini masyarakat sudah diberi kebebasan melakukan pembangunan fisik dan ekonomi, sesuai amanah UU Nomor 6/2014 tentang Desa, sehingga, posisi desa tak lagi sebagai objek, melainkan subjek pembangunan.

Kondisi itu, lanjutnya, berbeda dari kebijakan zaman orde baru, di mana desa didikte oleh pusat. Maka tak heran, partisipasi masyarakat di tingkat bawah terkesan pasif.

"Dengan cara itu, kita semua bisa mendorong kemajuan lebih cepat dan mendetail, serta menyesuaikan dengan perubahan yang serba cepat," terang dia. 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018