Kalian adalah penghubung yang sangat kuat dalam hubungan antara India dan Indonesia."
Jakarta (ANTARA News) - Perdana Menteri India Shri Narendra Modi menemui diaspora India yang berada di Indonesia pada Rabu, sebagai bagian dari rangkaian kunjungannya ke Indonesia selama 29-31 Mei 2018.

"Kalian adalah penghubung yang sangat kuat dalam hubungan antara India dan Indonesia," katanya pada sambutan dalam acara bertemu dengan diaspora India di Balai Sidang Jakarta, Rabu.

Dia mendorong diaspora India untuk terus meningkatkan hubungan antarmasyarakat dengan Indonesia.

Dia mengajak seluruh diaspora untuk memahami bahwa tetangga terdekat Indonesia adalah India dan tetangga dekat India adalah Indonesia.

India dan Indonesia memiliki hubungan budaya yang mendalam, sedangkan kesamaan tradisi kedua negara dipopulerkan dengan berbagai cara di Indonesia.

"Indonesia dan India adalah simbol keragaman sosial dan budaya dan niat baik, banyak bahasa dan dialek diucapkan di sini, ratusan komunitas tinggal di sini, di India juga," ujarnya.

Sebelum kedatangan PM Modi dalam acara tersebut, diaspora India menyaksikan penampilan lagu dan musik yang membawakan lagu-lagu India.

Modi dijadwalkan meninggalkan Indonesia pada Kamis (31/5) pagi.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo menyambut Perdana Menteri India Narendra Modi yang tiba di halaman Istana Merdeka pada Rabu pukul 10.15 WIB menumpang kendaraan VVIP dikawal pasukan Nusantara yang terdiri atas pasukan berkuda serta drum band Paspampres.

Presiden Jokowi menjabat tangan PM Modi usai turun dari kendaraan dan mengajaknya ke mimbar kehormatan untuk mengikuti upacara penyambutan resmi dengan mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara.

Berbagai isu bilateral sedianya dibahas dalam pertemuan, mulai dari maritim, ekonomi, sosial, budaya, serta isu regional dan global.

Selain acara di Istana Kepresidenan Jakarta, Presiden Jokowi dan PM Modi telah menyambangi Festival Layang-Layang India-Indonesia di Lapangan Monas.

Pengumuman 15 dokumen nota kesepahaman kerja sama di sejumlah bidang telah disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri India Narendra Modi di Istana Merdeka, Jakarta.

Sejumlah kerja sama yang diumumkan pada Rabu terdiri atas sejumlah sektor, seperti pertahanan, antariksa, perhubungan, dan farmasi.

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018