London (ANTARA News) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI, Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja selama empat hari di Denmark dan Swedia dalam rangka menghadiri Forum 9th Clean Energy Ministrial (CEM9) dan pertemuan 3th Mission Innovation (MI-3) Ministerial Forum bertempat di kota Malmo Swedia.

Kehadiran Menteri ESDM RI Ignasius Jonan dalam forum Internasional ini mendapatkan sambutan hangat oleh peserta, forum yang dihadiri para Menteri dan perwakilan Menteri yang berasal dari 18 negara ini dibuka Commisioner for Research, Science and Innovation Uni Eropa, Carlos Moedas, Menteri Energi Swedia Ibrahim Baylan dan Menteri Energi Denmark Lars Christian Lilleholt.

Pensosbud KBRI Kopenhagen, Ismail N. Pulungan kepada Antara London, Rabu menyebutkan turut mendampingi kunjungan dan pertemuan Menteri ESDM RI, antara lain Dubes RI di Kopenhagen, Muhammad Ibnu Said, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Herman Khaeron, Dirjen Energi baru dan Terbarukan serta Konservasi Rida Mulyana serta delegasi Kementerian ESDM RI.

Dalam kunjungan ini Menteri ESDM RI mengunjungi sejumlah objek energi Denmark antara lain perusahaan Energinet yang terletak di kota Fredericia Denmark, dimana delegasi RI diterima CEO Mr. Thomas Egebo, serta kunjungan ke Lindo Offshore Research Center (LORC) dan MHI Vestas yang terletak di kota Odense Denmark.

Menteri ESDM juga melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Denmark, Lars Lokke Rasmussen dan berkesempatan menyapa warga dan Diaspora Indonesia melalui pertemuan silaturahmi sekaligus buka puasa bersama yang diadakan di Wisma Duta Kopenhagen.

Pada pertemuan silaturahmi dengan Masyarakat Indonesia di Denmark, Dubes Muhammad Ibnu Said menyampaikan bahwa kunjungan Menteri ESDM merupakan sesuatu yang memilliki makna positif bagi perkembangan mutu kerjasama energi antara Indonesia dan Denmark.

Pada kesempatan itu Menteri ESDM menyampaikan apresiasi atas fasilitasi KBRI Kopenhagen selama kegiatan di Kota Malm?, dan Kopenhagen kepada Delegasi Kementerian ESDM. Kemudian Menteri menyuguhkan sejumlah video mengenai perkembangan pembangunan energi terbarukan dan bagaimana proyek energi terbarukan di Indonesia selaras dengan Nawacita Presiden RI.

Menteri ESDM RI juga membuka dialog interaktif dengan masyarakat Indonesia yang hadir. Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan buka puasa bersama dengan masyarakat. Pertemuan ini dihadiri sejumlah Organisasi Masyarakat Indonesia di Denmark seperti PPI, MABID, PERKI, IMSD, DANIF dan keluarga besar KBRI Kopenhagen.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018