Piala Dunia 2018

FIFA tak ganti wasit Saudi yang diskors seumur hidup

FIFA tak ganti wasit Saudi yang diskors seumur hidup

FIFA (REUTERS/Arnd Wiegmann)

Zurich (ANTARA News) - Badan sepak bola dunia, FIFA, menyatakan tidak akan mengganti seorang wasit Piala Dunia Rusia 2018 yang dijatuhi skorsing seumur hidup di tanah airnya Arab Saudi awal bulan ini atas upaya pengaturan pertandingan.

Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) mengatakan dua pekan lalu bahwa mereka telah melarang wasit Fahad Al Mirdasi setelah dia mengaku menawarkan untuk mengatur hasil pertandingan final Piala Raja yang dimainkan pada 12 Mei, untuk klub Al Ittihad.

"Komite Wasit FIFA telah mengambil keputusan untuk tidak langsung mengganti Al Mirdasi," katanya seraya menambahkan bahwa dua asisten wasit di timnya, Mohammed Al Abakry dan Abdulah Alshalwai, juga telah dibatalkan.

Wasit berusia 32 tahun itu mendekati bos Al Ittihad Hamad Al-Senaie yang seketika meneruskan pesan WhatsApp dari sang wasit kepada para pejabat SAFF yang kemudian diteruskan kepada pihak berwenang Saudi, kata SAFF.

Al Mirdasi ditahan polisi dan kemudian mengaku memang meminta uang bayaran, kata Komisi Etik SAFF seperti dikutip Reuters.

Al Ittihad mengalahkan Al Faisaly pada final yang akhirnya diwasiti mantan wasit liga Inggris, Mark Clattenburg yang sejak setahun lalu ditunjuk sebagai kepala wasit SAFF.

Al Mirdasi sudah masuk daftar wasit FIFA sejak 2011 dan pernah mewasiti Piala Konfederasi tahun lalu di Rusia.

(D011)

 

Pewarta: ANTARA
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2018

DIY alihkan dana pembangunan stadion untuk COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar