Jakarta (ANTARA News) - Maskapai berbiaya Hemat (LCC) Citilink Indonesia berencana kembali membuka penerbangan penghubung dari Yogyakarta ke Makassar mulai 1 Juni 2018.

"Pembukaan rute ini merupakan salah satu upaya Citilink Indonesia untuk melebarkan sayapnya dengan menghadirkan penerbangan dari dan menuju seluruh kota besar di Indonesia," kata Vice President Corporate Legal and CSR Citilink Indonesia Ranty Astari Rachman dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Makassar merupakan penghubung utama Citilink Indonesia untuk melayani penerbangan penghubung ke wilayah timur Indonesia, seperti Kendari, Ambon, Jayapura dan Manado.

Pembukaan rute Yogyakarta-Makassar ini juga dimaksudkan guna memberikan pilihan melakukan perjalanan udara dari wilayah Barat Indonesia hingga wilayah Timur Indonesia.

"Rute Yogyakarta - Makassar ini merupakan rute penghubung kedua Citilink Indonesia setelah sebelumnya juga telah membuka rute Semarang - Surabaya dalam melebarkan sayapnya, dengan target pangsa pasar sebesar 21,4 persen," ujar Ranty.

Ranty menambahkan, dengan rute ini, pihaknya optimistis mendapatkan tingkat isian di atas 83 persen mengingat minat penumpang yang terus berkembang dengan perkiraan sekitar 441.320 penumpang pada akhir 2018.

Rute itu menggunakan pesawat Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang.

Penerbangan Makassar-Yogyakarta dengan nomor penerbangan QG 778 dijadwalkan berangkat dari Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 15.05 WITA dan tiba di Bandar Udara Adisutjipto, Yogyakarta pada 16.10 WIB.

Sedangkan penerbangan Yogyakarta-Makassar dengan nomor penerbangan QG 779 dijadwalkan berangkat dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta pada pukul 16.40 WIB dan tiba di Bandara Sultan Hasanudin pada pukul 19.40 WITA.

Citilink adalah anak perusahaan dari PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk yang menyediakan jasa penerbangan berbiaya murah (LCC). Citilink melayani penerbangan dengan sistem dari kota ke kota menggunakan model usaha pesawat berbiaya murah.

Berbasis di Jakarta dan Surabaya, pada November 2017 Citilink telah melayani lebih dari 278 frekuensi penerbangan harian dengan 71 rute ke 34 kota di Indonesia dan beberapa rute regional.

Baca juga: Citilink sediakan 86.400 kursi tambahan untuk mudik Lebaran

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018