counter

DPR ingin langkah selain kenaikan suku bunga

DPR ingin langkah selain kenaikan suku bunga

ilustrasi: Nilai Tukar Rupiah. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf).

Jakarta (ANTARA News) - DPR RI menginginkan adanya langkah kebijakan lain yang juga sama efektifnya selain kenaikan suku bunga acuan, dalam rangka mengatasi pelemahan nilai mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat.

"Kami juga berharap adanya penguatan fundamental ekonomi yang skalanya mikro," kata Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan di Jakarta, Kamis.

Menurut Taufik Kurniawan, bila Bank Indonesia sudah melakukan langkah menaikkan suku bunga di tengah situasi perekonomian global yang masih tidak pasti, hal itu merupakan sinyal yang sudah serius.

Untuk itu, ujar dia, sejumlah program penguatan fundamental ekonomi antara lain bisa dilakukan denganmeningkatkan bantuan sosial seperti terkait Kartu Keluarga Sejahtera dan Program Keluarga Harapan).

Hal tersebut, lanjut politisi PAN itu, agar diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat guna mengantisipasi perlambatan pertumbuhan perekonomian.

Sementara itu, Anggota DPR RI Fraksi Gerindra Heri Gunawan menyatakan, pihaknya menginginkan adanya koreksi substansial terhadap struktur ekonomi agar benar-benar dapat mewujudkan target pertumbuhan perekonomian yang telah dicanangkan.

"Perlu koreksi yang substansial terkait perbaikan struktur antarsektoral dalam strategi pembangunan jangka pendek," kata Heri Gunawan.

Menurut Heri, koreksi atau perubahan itu harus dilakukan dengan menyentuh aspek substansial terutama dalam menggerakkan pembangunan tahun mendatang.

Ia berpendapat bahwa dengan cara seperti itulah maka akan dapat tercapai pertumbuhan perekonomian nasional yang bakal berkelanjutan serta berkedaulatan.

Pewarta: M Razi Rahman
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Kurs Rupiah di jisdor menguat 40 poin per Dollar AS

Komentar