Mojokerto (ANTARA News) - Warga Desa Tegalsari, Puri, Mojokerto, Jawa Timur menemukan sejumlah benda yang diduga barang purbakala peninggalan situs Kerajaan Majapahit, saat menggali tanah yang akan digunakan untuk resapan tanah.

Salah seorang warga Wahyudin, Jumat mengatakan, saat itu dirinya akan menggali lubang yang rencananya digunakan untuk resapan air di depan rumahnya, tetapi pada kedalaman sekitar tiga meter ditemukan benda-benda yang diduga sebagai peninggalan Kerajaan Majapahit.

"Saya sendiri kurang mengerti fungsi benda tersebut. Bentuknya melingkar dengan diameter sekitar 75 sentimeter dengan ketinggian sekitar 50 sentimeter serta memiliki ketebalan sekitar 3 sentimeter," katanya saat dikonfirmasi di Mojokerto.

Ia mengemukakan, benda-benda tersebut jumlahnya tidak satu karena setelah terus dilakukan penggalian kembali ditemukan benda sejenis yang berada di bawahnya.

"Kami meyakini di dalam lubang yang sedang digali itu masih banyak tersimpan benda-benda sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit," katanya.

Bahkan, kata dia, sejak semalam warga yang mulai berdatangan untuk melihat juga turut membantu melakukan penggalian lagi pada lubang yang sama.

"Terbukti, kami kembali menemukan benda serupa sebanyak tiga buah. Namun, untuk yang kedua sampai keempat ketinggiannya hanya sekitar 30 sentimeter saja," katanya.

Selama proses penggalian itu, lanjut dia, ditemukan juga beberapa serpihan batu yang mungkin juga masih manjadi satu rangkaian dengan penemuan benda-benda purbakala itu.

"Kami juga melaporkan kejadian penemuan benda-benda ini kepada pihak pemerintah desa untuk selanjutnya dilaporkan kepada pihak lainnya," katanya.

Saat ini, di lokasi penemuan sudah banyak didatangi warga yang ingin melihat dari dekat perihal penemuan benda-benda purbakala tersebut.

Baca juga: Menambang di Galian C tak sengaja temukan jejak Muara Takus

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018