Jakarta (ANTARA News) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan setidak-tidaknya ada tiga lapangan latihan untuk cabang olahraga sepak bola putra Asian Games (AG) 2018 yang masih perlu direnovasi.

"Perlu ada pemugaran karena sesuai standar Asia, setiap lapangan latihan harus ada ruang ganti, termasuk toilet," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria di Jakarta, Jumat.

Adapun sampai saat ini, ada delapan lapangan latihan yang disiapkan untuk Asian Games 2018 yang melengkapi empat stadion yang difungsikan untuk menggelar pertandingan.

Ratu menjelaskan, lapangan-lapangan latihan yang digunakan itu adalah Lapangan Sutasoma di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dan sebuah lapangan swasta, sebagai lapangan latihan tim yang bertanding di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat.

Sementara untuk tim yang nantinya berlaga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, akan berlatih di Lapangan A dan B Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Kemudian untuk tim yang berkompetisi di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, berlatih di stadion milik tim Persikabo Bogor dan lapangan di sekitar Pakansari.

Sedangkan tim yang bersaing di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, akan berlatih di lapangan milik Institut Teknologi Bandung dan Universitas Padjadjaran.

"Yang sekarang masih bermasalah yaitu lapangan latihan wasit. Sebelumnya itu direncanakan di Lapangan C Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, tetapi itu tidak bisa digunakan karena difungsikan sebagai tempat latihan acara pembukaan Asian Games 2018," kata Ratu.

Solusinya, dia melanjutkan, PSSI mengajukan kandang tim Bhayangkara FC Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, sebagai arena berlatih wasit Asian Games 2018.

"Sejatinya penggunaan stadion yang menjadi markas tim-tim Liga 1 2018 tidak masalah karena liga akan diliburkan selama Asian Games 2018," kata Ratu.

Sebelumnya, PSSI menyatakan akan ada 32 tim peserta cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018, bertambah dari sebelumnya 28 tim.

Demi memfasilitasi penambahan tersebut, PSSI berharap Stadion Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, bisa digunakan sebagai pelengkap empat stadion yang telah disiapkan.

Ratu menuturkan, keputusan terkait jadi atau tidaknya penggunaan Stadion Jalak Harupat untuk Asian Games 2018 berada di tangan Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC).
 

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018