Praha (ANTARA News) - Australia menang 4-0 atas Republik Ceko pada Jumat, sekaligus memberikan "Socceroos" dorongan kepercayaan diri yang sangat dibutuhkan menjelang Piala Dunia bulan ini dengan kemenangan pertama mereka di luar negeri dalam hampir dua tahun terakhir.

Australia, menuju ke Piala Dunia keempat berturut-turut mereka, meraih keunggulan pertama saat pertandingan berjalan 32 menit ketika Robbie Kruse berhasil mengumpan bola dari tiang jauh kepada Mathew Leckie yang tanpa penjagaan dan menceploskan bola ke gawang.

Kemenangan atas tim Ceko yang gagal lolos ke turnamen di Rusia itu adalah yang pertama bagi Socceroos di luar Australia sejak menang 1-0 atas Uni Emirat Arab di Abu Dhabi pada September 2016.

Dengan problem minimnya gol dalam pertandingan-pertandingan kualifikasi Australia, tampilan menyerang pada Jumat memberi pelatih tim asal Belanda Bert van Marwijk banyak hal untuk dipikirkan sebelum ia mencoret empat nama dari 27 pemainnya pada batas waktu FIFA hari Senin.

Andrew Nabbout membuat penampilan apik agar dipilih untuk berperan di Piala Dunia dengan mencetak gol pertamanya bagi Australia di menit ke-54, ketika dia mendapat bola di sisi kanan dan tendangan kerasnya yang rendah ke sudut jauh menaklukkan kiper Ceko Tomas Koubek.

Gol Leckie dan Jakub Jugas melengkapi kemenangan atas tim Ceko yang memulai dengan baik tetapi kemudian gagal menunjukkan banyak kekuatan permainan setelah tertinggal, demikian Reuters.

Baca juga: Wasit untuk Piala Dunia 2018 dicopot atas dugaan suap

Baca juga: Kosovo batal bertanding lawan Iran

Baca juga: Kabar gembira soal Mo Salah

Baca juga: Danilo: kondisi Neymar semakin baik setiap harinya

Pewarta: Junaydi Suswanto
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018