Jakarta (ANTARA News) - Tim Nasional Prancis memetik kemenangan 3-1 atas Italia dalam sebuah laga persahabatan yang digelar di Allianz Riviera, Nice, Prancis, Sabtu dini hari WIB.

Prancis yang menjadi salah satu tim favorit di Piala Dunia 2018, menurunkan skuat utamanya dan menang berkat gol Samuel Umtiti, Antoinne Griezmann dan Ousmane Dembele. Sedangkan satu gol balasan Italia dicetak Leonardo Bonucci.

Ini merupakan kekalahan perdana Roberto Mancini sejak melatih timnas Italia, setelah pada pertandingan pertamanya berhasil memetik kemenangan 2-1 atas Arab Saudi berkat gol Mario Balotelli dan Andrea Belotti.

Mancini yang mengusung misi membangun kembali Timnas Italia pascagagal lolos ke Piala Dunia, banyak melakukan eksperimen dengan menurunkan pemain-pemain debutan antara lain Mattia Caldara, Rolando Mandragora dan Domenico Berardi.

Balotelli yang terbiasa dengan Stadion Allianz Riviera sebagai kandang Nice, beberapa kali melancarkan tembakan keras ke gawang Hugo Lloris, kendati tidak berbuah gol.

Les Blues memimpin 1-0 berkat gol Umtiti yang meneruskan tendangan bebas Pavard. Bola tersebut disambar Kylian Mbappe kemudian dituntaskan Umtiti menjadi gol pada menit 8.

Prancis menggandakan kedudukan menjadi 2-0 dari eksekusi penalti Griezmann menyusul pelanggaran pemain debutan, Rolando Mandragora, terhadap Lucas Hernandez pada menit 29.

Italia memperkecil ketertinggalan melalui tendangan bebas Balotelli yang meski sempat ditepis Hugo Lloris, namun Bonucci berada di posisi tepat untuk menyambar bola muntah demi gol pada menit 36.

Baca juga: Australia cukur Ceko 4-0 dalam laga pemanasan

Baca juga: Pelatih Serbia tuntaskan skuad untuk Piala Dunia

Baca juga: Rusia dikalahkan 0-1 oleh Austria


Sepakan melengkung Dembele menambah keunggulan Prancis menjadi 3-1, menuntaskan serangan balik yang dibangun Mbappe dan Corentin Tolisso pada menit 63.

Balotelli dan Lorenzo Insigne beberapa kali mengancam gawang Lloris, saat Italia mengubah formasi dari 4-3-3 menjadi 4-2-3-1, namun skor 3-1 untuk kemenangan Prancis bertahan hingga laga usai, demikian Football Italia.

Susunan pemain:

Prancis:
Lloris; Pavard, Rami, Umtiti, Lucas Hernandez (Mendy 61); Tolisso (Matuidi 77), Kanté, Pogba (N’Zonzi 86); Mbappé (Thauvin 82), Griezmann (Giroud 77), Dembélé (Lemar 70)

Italia: Sirigu; D’Ambrosio (Florenzi 74), Bonucci, Caldara, De Sciglio; Pellegrini (Cristante 65), Jorginho (Bonaventura 78), Mandragora; Berardi (Insigne 74), Balotelli (Belotti 86), Chiesa (Zappacosta 88)

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2018