Washington (ANTARA News) - Tangan kanan Kim Jong-un bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Oval Office pada Jumat waktu setempat dalam pertemuan yang pembahasannya mestinya mencakup pengiriman surat dari pemimpin Korea Utara mengenai pertemuan puncak mereka yang akan datang.

Pejabat tinggi itu, Kim Yong Chol, disambut oleh kepala staf Gedung Putih John Kelly, yang memandunya ke Oval Office untuk berunding dengan Trump dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo menurut juru bicara Sarah Sanders.

Kim tiba di Washington dari New York, tempat dia bertemu dengan Pompeo untuk persiapan rencana pertemuan 12 Juni antara pemimpin Amerika Serikat dan Korea Utara di Singapura.

Setelah perundingan pada Kamis, Pompeo mengungkapkan keyakinan bahwa prosesnya bergerak ke arah yang benar, tetapi memperingatkan pemimpin Korea Utara harus cukup berani melakukan "pergeseran strategis" dalam memahami bahwa dia akan lebih aman tanpa senjata nuklir.

Para pejabat Amerika Serikat mengatakan surat dari Kim untuk Trump mungkin tidak menjelaskan semua pertanyaan mengenai agenda tersebut, tetapi bisa mendekatkan perwujudan rencana pertemuan di Singapura itu, demikian siaran kantor berita AFP. (mu)

Baca juga:
Trump batal bertemu Kim Jong Un

Trump berbalik yakin KTT dengan Jong Un terlaksana sesuai jadwal
 

Pewarta: -
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018