Beijing (ANTARA News) - Kedutaan Besar RI di Beijing bekerja sama dengan Hotel Ritz Carlton menggelar Festival Kuliner Nusantara di ibu kota Tiongkok, 1-10 Juni 2018.

"Kami turut mempromosikan pulau tropis Bali melalui kesenian, budaya, dan kuliner," kata Asisten Direktur Makanan dan Minuman The Ritz Carlton Beijing, Julio G Soler, Sabtu.

Festival bertemakan "From Bali to Beijing Fulfill all Your Senses" tersebut bertujuan untuk menarik minat warga China mengunjungi beberapa objek wisata di Indonesia, terutama Pulau Dewata.

Selama 10 hari festival tersebut, The Ritz Carlton Beijing menargetkan 600 orang pengunjung makan siang dan 800 orang makan malam.

Untuk merealisasikan target tersebut, pihaknya mendatangkan dua juru masak profesional dari Bali.

"Dua chef (juru masak) secara khusus kami datangkan dari Ritz Carlton Bali. Selain untuk mendukung festival ini, mereka juga mengajari chef kami di sini tentang masakan khas Indonesia. Kami juga mengirimkan chef senior kami dari China ke Bali untuk belajar masakan Indonesia," kata Julio.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun berharap festival tersebut dapat meningkatkan jumlah wisatawan setempat ke Indonesia.

"Kalau sudah menikmati masakan di Ritz, silakan datang ke Bali," kata mantan Dubes RI untuk Rusia tersebut.

Dalam dua tahun terakhir, Tiongkok menduduki peringkat pertama wisatawan asing yang mengunjungi Indonesia.

Pada tahun ini, Kementerian Pariwisata RI menargetkan 2,5 juta kunjungan wisatawan dari berbagai daerah Tiongkok.

Baca juga: Tiongkok salip Australia sebagai terbanyak pasok wisman ke Bali

Baca juga: Menteri PPN: promosi pariwisata ke Tiongkok harus ditingkatkan

Baca juga: Turis China paling banyak kunjungi Indonesia pada Februari

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018