Mugello (ANTARA News) - Pebalap MotoGP dari tim Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengaku terkejut atas keberhasilannya merebut posisi terdepan (pole) pada sesi kualifikasi MotoGP seri keenam musim 2018 di Mugello, Italia, Sabtu.

Valentino Rossi belum pernah merasakan pole position sejak 2016 saat menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi MotoGP Jepang di Motegi. Keberhasilan kali ini membuatnya telah meraih posisi pole sebanyak 55 kali di kelas utama.

"Ini memberikan perasaan yang luar biasa, terutama saat menyaksikan penonton setelah pole yang luar biasa. Ini luar biasa, juga kejutan," kata Rossi dilansir laman resmi Yamaha MotoGP, Sabtu.

Baca juga: GP Mugello: Rossi raih pole position pertama sejak 2016

Rossi mengakui dirinya kesulitan menembus posisi pole sejak balapan di Motegi pada 2016. Sepanjang 2017, pebalap senior itu bahkan tidak satu kali pun mendapatkan posisi pole.

"Di kualifikasi tahun ini saya selalu menderita, tapi hari ini bagus dan saya pikir itu cukup untuk mendapatkan barisan depan, tetapi pada akhirnya saya dapat posisi pole," katanya.

Baca juga: Klasemen MotoGP: Marquez jauh ungguli Vinales dan Zarco

Kendati demikian, Rossi menilai balapan di Mugello pada Minggu tidak akan mudah sehingga ia harus mempersiapkan segalanya agar bisa menempati posisi terbaik.

"Saya pikir besok akan lebih sulit, tapi yang pasti saya menikmati momen ini," kata Rossi.

Saat ini Rossi berada di peringkat empat klasemen sementara MotoGP dengan 56 poin, tertinggal 39 angka dari pebalap Honda Marc Marquez yang memuncaki klasemen.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018