London (ANTARA News) - Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate, membela dan melindungi pemain sayapnya, Raheem Sterling, yang kedapatan melakukan diving saat Inggris menang 2-1 atas Nigeria dalam laga persahabatan jelang Piala Dunia, Sabtu (2/6).

Southgate menyatakan akan memberikan kepercayaan penuh kepada Sterling, kendati penyerang sayap Manchester City itu melakukan sejumlah kesalahan pada pekan ini.

Sterling dihukum dan disuruh meminta maaf kepada rekan satu timnya di Inggris gara-gara satu hari terlambat tiba di kamp pelatihan tim nasional setelah berlibur sesuai musim kompetisi Liga Inggris berakhir.

Baca juga: Sterling minta maaf karena telat tiba di kamp latihan Inggris

Kendati demikian, Sterling membayar kepercayaan Southgate dengan penampilan yang layak di babak pertama dan menjadi pengatur atas gol kedua Inggris yang dicetak Harry Kane pada menit 39.

Namun penampilan apik di babak pertama ternoda di paruh kedua saat bekas pemain Liverpool itu melakukan aksi diving pada menit 52. Sterling pun diganjar kartu kuning atas upaya itu.

Baca juga: Inggris menang 2-1 atas Nigeria

Southgate pun membela dengan mengatakan tidak melihat insiden itu dengan jelas. Ia juga tidak mau menegur Sterling secara terbuka.

"Saya tidak punya kesempatan untuk melihatnya lagi. Itu terlihat dalam situasi yang ketat dari tempat duduk saya. Dia berlari dengan kecepatan seperti itu," kata Southgate dilansir AFP, Minggu.

Ketika ditanya apakah Southgate merasa lega dengan penampilan Sterling, ia mengatakan, "Itu bukan soal respons, saya tahu berdasarkan performanya, dia akan bermain dengan baik."

Baca juga: Timnas Inggris dapat pelatihan lindungi gadget dari peretas jelang Piala Dunia

"Saya punya keputusan apakah akan memainkannya ketika dia datang terlambat, tetapi begitu dia mulai diserang dari segala arah, itu bukan keputusan yang sulit," kata Southgate.

Di sisi lain, Sterling yang mengaku menyesal mengatakan tidak memiliki keluhan atas cara Southgate menangani masalah-masalahnya.

"Dia jujur. Saya benar-benar mengerti dari mana dia berasal. Saya harus pergi ke sana dan menunjukkan kemampuanku padanya," kata Sterling.

"Orang-orang melihat dengan cara yang salah. Ini adalah gangguan yang tidak Anda butuhkan, tetapi itu adalah salah satu hal yang saya pelajari saat ini," pungkas Sterling.

Baca juga: Neuer kembali tampil tapi tidak mampu tepis kekalahan Jerman
Baca juga: Hujan lebat hambat laga persahabatan Jerman di Austria


======

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018