Jakarta (ANTARA News) - Bintik bernama jerawat bagi sebagian kaum hawa membuat kepercayaan diri turun. 

Belum lama kondisi cuaca panas, yang membuat kulit rentan terhadap infeksi dari debu, sehingga memperbesar kemungkinan Anda terserang jerawat. 

Ahli kosmetologi dan dokter homeopati dari India, Tullika Pandey, memberikan sejumlah tips mencegah dan mengatasi jerawat terutama pada musim panas, seperti dilansir Indian Express: 

1. Cuci wajah sekali atau dua kali sehari menggunakan air hangat dan produk pembersih wajah. Saat membersihkan wajah, gosoklah dengan lembut.  Pastikan Anda mencuci muka adalah di malam hari, untuk menghapus riasan dan kotoran yang menempel di sepanjang hari. 

2.  Jangan meremas jerawat Anda, karena biasanya menyebabkan peradangan lebih lanjut, yang membuat jerawat terlihat lebih buruk dan lebih lama. Perilaku ini juga ini akan meninggalkan bekas luka di kulit. 

3. Hindari makanan olahan, karena umumnya tinggi lemak jenuh dan transfat; itu dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum yang memicu jerawat.

4. Hindari makanan berminyak seperti keripik, kentang goreng, karena mengandung minyak jenuh yang meningkatkan kolesterol dalam tubuh, menyebabkan sirkulasi darah yang buruk dan dapat memperburuk jerawat Anda.

5. Serat memainkan peran penting dalam menyingkirkan racun tubuh. Sereal dan makanan kaya serat dan buah-buahan seperti blueberry bagus untuk mendetoksifikasi tubuh Anda dan membersihkan kulit Anda.

6.  Sertakan vitamin A dalam menu makanan Anda  karena merupakan sumber korotenoids. Wortel, pepaya, bayam, jus tomat adalah sumber yang kaya corotenoids.

7. Hentikan penggunaan foundation selama seminggu bisa membantu membersihkan jerawat, dan bisa menghentikan ruam yang disebabkan oleh bahan-bahan yang mengiritasi. 

8. Jangan menggunakan make up pada kulit jerawat dan bahkan jika harus, gunakan produk non-comedogenic dan non-iritasi.

9.  Jangan menutupi seluruh wajah Anda dengan concealer. Sebagai gantinya, gunakan warna pelengkap untuk menyamarkan noda.
 

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018