Cibinong, Jawa Barat (ANTARA News) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyiapkan pertandingan uji coba internasional untuk tim nasional U-19 yang akan berlaga di Kejuaraan U-18 AFF 2018 pada 1-14 Juli 2018.

"Kami akan siapkan satu atau dua lawan internasional. Pertandingan itu akan menjadi bahan evaluasi tim sebelum ke AFF," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Minggu.

Pihak PSSI sendiri menyadari langkah timnas U-19 menuju Kejuaraan AFF, yang akan digelar di Indonesia, cukup berat.

Timnas U-19 yang baru saja kembali dilatih oleh Indra Sjafri mengalami dua kali kekalahan beruntun masing-masing dari Persis Solo dengan skor 0-3, Senin (28/5) dan PSS Sleman dengan skor 0-2, Sabtu (2/6).

Hasil-hasil tersebut membuat PSSI dan tim kepelatihan timnas U-19 menyusun strategi baru demi meningkatkan performa skuat. Selain dengan laga uji coba, program timnas pun akan disusun sesuai dengan kondisi fisik pemain.

Menurut Ratu Tisha, saat ini timnas U-19 diisi oleh tiga kelompok pemain yakni pertama, pemain yang bermain reguler di klub liga, lalu kedua, pemain yang berada di klub tetapi jarang diturunkan dan terakhir, pemain yang tidak bermain di klub manapun.

"Khusus untuk kategori kedua dan ketiga harus ada rencana yang berbeda karena kondisi mereka pasti lain dengan pemain yang berlaga di liga. PSSI memberikan catatan ini kepada tim pelatih timnas U-19 dan mereka menerima dengan baik," kata dia.

Timnas U-19 akan mengikuti Kejuaraan U-18 AFF 2018 pada 1-14 Juli 2018. Di turnamen ini, skuat berjuluk Garuda Nusantara ini berada di Grup A bersama Thailand, Vietnam, Singapura, Filipina dan Laos.

Setelah itu, pada 18 Oktober-4 November 2018, timnas U-19 akan mengikuti Piala U-19 Asia 2018, juga berlangsung di Indonesia.

Di kejuaraan ini, timnas U-19 masuk grup berat, Grup A, bersama Uni Emirat Arab, Qatar dan Taiwan.

"Setelah Piala AFF 2018, timnas U-19 akan melakoni beberapa laga uji coba internasional sebagai persiapan menuju Piala Asia. Saat ini kami menjajaki kemungkinan melawan timnas dari wilayah Timur Tengah atau Asia Barat karena kita bertanding bersama negara-negara dari wilayah tersebut di babak grup," tutur Ratu Tisha.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018