Brussel (ANTARA News) – Para ahli menjinakkan bom peninggalan Perang Dunia II yang ditemukan selama pekerjaan pembangunan di bandara internasional Brussel, kata para pejabat pada Sabtu waktu setempat (02/06).

Bom itu ditemukan selama penggalian di bagian dari apron yang terletak pada jarak yang aman dari gedung-gedung terminal, kata bandara itu dalam sebuah pernyataan, yang artinya tidak menimbulkan bahaya bagi para penumpang dan tidak ada gangguan terhadap penerbangan.

Pekerjaan konstruksi diminta berhenti dan perimeter keamanan 100 meter dipasang ketika bom tersebut ditemukan, kata pihak bandara.

Pasukan penjinak bom militer Belgia, yang dikenal dengan akronim DOVO, dipanggil untuk menetralkan alat itu dalam semalam.

"DOVO mampu membongkar bom itu tanpa harus meledakkannya. Bandara Brussels ingin mengucapkan terima kasih kepada DOVO dan seluruh layanan serta para mitra yang berkolaborasi dengan baik," katanya.

Jutaan bom dan amunisi lainnya jatuh di Belgia selama Perang Dunia Pertama dan Kedua serta DOVO secara rutin dikerahkan untuk menghadapi persenjataan perang yang tidak meledak. Demikian dilansir Kantor Berita AFP.

Penerjemah: Sella Gareta
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018