Jakarta (ANTARA News) - Dalam gelaran konferensi pengembang tahunan Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2018, yang mulai digelar Senin (4/6), Apple mengumumkan iOS 12.

Dilansir dari GSM Arena, pembaruan sistem operasi tersebut akan meluncur musim gugur ini dan akan tersedia untuk semua perangkat yang saat memiliki iOS 11.

Hal ini berarti bahwa iPhone 5 dan perangkat yang lebih baru akan mendapatkan pembaruan tersebut. Hal yang sama juga berlaku juga untuk iPad yang dirilis sejak 2013.

Apple fokus pada kinerja dan itu merupakan perbaikan besar pertama. iOS 12 kini jauh lebih cepat daripada pendahulunya.

Sistem operasi teranyar ini diklaim 40 persen lebih cepat dalam hal aplikasi, 70 persen lebih cepat untuk kamera, dan 50 persen lebih cepat untuk keyboard.

Selanjutnya, iOS 12 memperkenalkan AR Kit 2 dan format file baru untuk grafik 3D -- USDZ. Ini adalah format open source dan semua aplikasi iOS asli akan mendukung pembacaan file USDZ.

Adobe juga akan menambahkan dukungan USDZ asli untuk Creative Cloud.

AR Kit baru tersebut fokus pada pengalaman bersama di mana banyak orang dapat berbagi lingkungan virtual yang sama.

Pengguna akan lebih mudah untuk membagikan penagalaman dalam membuat konten, bermain game atau berkreasi dengan teman-teman. Lego merupakan salah satu perusahaan yang mendukung kemampuan tersebut.

Foto kini juga ditingkatkan dalam hal Pencarian dengan Saran Pencarian. Pengguna dapat mencari berdasarkan aktivitas, acara, lokasi, liburan dan barang. Bahkan, pengguna juga dapat mencari dengan kata kunci hampir apa pun, seperti musem, kantor dan bar.

Aplikasi Foto mendapat tambahan tab "Untuk Anda." Di sana pengguna dapat menemukan album yang dibuat secara otomatis, saran untuk efek, bahkan saran untuk berbagi -- seperti membagikan foto makan malam dengan orang-orang yang ada bersama Anda.

Siri juga mendapatkan fitur baru, yaitu jalan pintas. Pengguna dapat membuat pintasan untuk tindakan yang dapat dilakukan oleh Siri, seperti menemukan kunci Anda, memesan kopi, memesan tempat dan pengingat. Ada aplikasi Pintasan untuk membantu pengguna membuat pintasan yang melibatkan berbagai aplikasi.

Siri kemudian menggunakan cara pintas itu untuk menyarankan sesuatu yang mungkin telah dilupakan. Seperti memesan kopi, jika tidak melakukannya pada pagi hari, atau menyarankan mengirim pesan saat terlambat untuk bertemu dengan seseorang.

Aplikasi
Aplikasi Berita diperbarui dengan adanya bagian Telusur, tempat pengguna menjelajah berbagai topik.

Aplikasi saham kini juga mendapat fitur Berita di dalamnya, dan akan tersedia di iPad.

Tidak hanya itu, Voice memo juga akan hadir di iPad, dan akan ada dukungan iCloud juga.

Selain itu, iBooks juga mendapat desain baru, dukungan untuk buku audio dan mulai saat ini akan disebut Apple Books. Toko buku tersebut kini menjadi bagian dari Apple Books.

Car Play juga mendapat dukungan untuk aplikasi navigasi pihak ketiga. Jika pengguna tidak menyukai Apple Maps, kini pengguna dapat mengubahnya.

Perubahan lainnya
Mode Jangan Ganggu sekarang mendapatkan waktu tidur, DND (Do Not Disturb) -- tidak ada lagi tumpukan notifikasi yang tidak penting di layar kunci pada malam hari. DND juga mudah diaktifkan dalam berbagai bentuk dari Pusat Kendali.

Pemberitahuan - Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pemberitahuan aplikasi langsung dari layar kunci.

iOS 12 juga sekarang dapat mengelompokkan pemberitahuan berdasarkan aplikasi dan topik.

iOS baru tersebut juga akan memberi laporan mingguan lengkap tentang bagaimana pengguna menggunakan perangkat -- di antarnya waktu yang dihabiskan utuk berbagai aplikasi.

Pengguna juga dapat membatasi penggunaan aplikasi, katakanlah Facebook, dengan menetapkan batas waktu dan iOS akan menghentikan setelah waktunya habis.

Kendali aplikasi bahkan semakin dalam dengan Tunjangan dan waktu henti -- Anda dapat membatasi penggunaan anak-anak Anda pada iDevices, menetapkan batas waktu pada aplikasi, waktu henti pada jam tertentu (waktu tidur), atau selalu mengizinkan beberapa aplikasi.

Animoji dan Pesan
Aplikasi Pesan ditingkatkan dengan empat Animoji baru yakni koala, hantu, t-rex, dan harimau, serta deteksi lidah.

Memoji adalah pembaruan berikutnya untuk Animoji -- seperti penciptaan karakter RPG Anda mulai dari rambut, wajah, bintik-bintik, mata, kacamata, telinga, dan lain-lain.

Baca juga: Apple perkenalkan empat Animoji baru

FaceTime
Grup FaceTime pembaruan besar di iOS 12. Pengguna kini dapat facetime hingga 32 orang. Fitur ini juga terintegrasi dengan pesan dan dapat melakukan panggilan seluruh grup dari dalam aplikasi Pesan -- Anda juga dapat bergabung dengan obrolan facetime grup yang sudah berlangsung kapan saja.
 

Penerjemah: Arindra Meodia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018