Surabaya (ANTARA News) - Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menyebut warung nasi dan sambal Mak Yeye sebagai contoh industri kreatif yang sukses dan bisa menjadi inspirasi bagi pelaku bisnis kuliner Nusantara lainnya.

"Siapa yang tidak kenal Mak Yeye. Kuliner tengah malam yang terletak di satu sudut kampung Kota Surabaya dan dikenal di penjuru Tanah Air," katanya di sela acara sahur bersama di warung Mak Yeye, Selasa dini hari.

Gus Ipul tiba-tiba mampir ke warung di kawasan Wonokromo tersebut dan menyapa sejumlah pengunjung sebelum ikut antre membeli sepiring nasi dengan lauk tahu, tempe, telur dadar, ikan pe dan sambal.

Wakil Gubernur Jawa Timur yang yang sedang cuti tersebut juga sempat menyajikan sepiring nasi untuk pengunjung yang rela datang jauh-jauh dari Malang hanya untuk mencoba makanan Mak Yeye.

"Dari Malang makannya di sini, dari Madura juga makan di sini. Bahkan, tamu-tamu dari daerah lain yang kebetulan makan di Mak Yeye mengaku sangat tertarik dan ingin kembali kalau ke Surabaya lagi," katanya.

Warung Mak Yeye, menurut dia, membuat pelaku usaha kuliner lainnya termotivasi untuk hidup dan berkembang. Ia mengatakan pelaku usaha di bidang apa pun, termasuk kuliner, tidak akan ditinggalkan pelanggan asal konsisten melakukan inovasi.

"Bisnis kuliner adalah industri kreatif yang kaya akan inovasi dan Jawa Timur memiliki banyak kekhasan atau ciri yang menandakan daerah tertentu. Sekali lagi, khusus ke Mak Yeye, teruslah eksis dan konsisten serta menginspirasi," katanya.

Gus Ipul mengikuti pemilihan gubernur Jawa Timur tahun ini didampingi Puti Guntur Soekarno sebagai calon wakil gubernur. Mereka bersaing dengan mantan menteri sosial Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak.

Baca juga: Khofifah-Gus Ipul perdebatkan program "Pak Kardiman"
 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018