Ongen rancang teknologi tingkatkan produksi garam

Ongen rancang teknologi tingkatkan produksi garam

Arsip: Teknologi sederhana untuk membantu meningkatkan produksi dan kualitas garam karya pakar kelautan Dr Yulian Paongan di Jakarta, Selasa (5/6/2018). (istimewa)

Jakarta (ANTARA News) - Pakar kelautan Dr Yulian Paonganan yang selama ini dikenal mengembangkan drone dalam bidang maritim mencoba merancang sebuah teknologi sederhana untuk membantu meningkatkan produksi dan kualitas garam.

Alumnus Ilmu Kelautan IPB itu Yulian Paonganan atau biasa dipanggil Ongen kini merancang teknologi untuk mempercepat proses penguapan pada lahan tambak garam.

"Saya dan tim sedang merampungkan prototype teknologi sederhana dan tepat guna untuk meningkatkan proses penguapan pada areal tambak garam," kata Ongen dalam keterangan persnya, di Jakarta, Selasa.

Ongen menjelaskan bahwa pihaknya mengaplikasikan fisika optik dalam teknologi tersebut yang juga disebut teknologi "Prosalt 501".  Teknologi itu nantinya bisa dikembangkan dalam skala besar dan bisa diaplikasikan di lahan tambak garam.

"Kami akan segera melaunching teknologi, nanti kami undang kawan-kawan untuk hadir," ujar Ongen

Garam adalah sebuah kata yang tidak bisa dipandang remeh, garam miliki peran penting dalam kehidupan manusia. Kegunaan garam sangat beragam mulai dari kebutuhan soal makanan sampai kebutuhan industri.

Selain itu garam menjadi heboh ketika Indonesia sebagai negara kepulauan masih mengimpor garam. Masalah garam sering menimbulkan kontroversi, sehingga diperlukan sebuah upaya untuk meningkatkan produksi dan kualitas produksi garam.
 

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar