Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hari Tjahjanto beserta Kepala Staf Angkatan dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian melaksanakan Buka Puasa Bersama Keluarga Besar TNI, Polri dan komponen masyarakat di Plaza Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Selasa. 

Presiden Jokowi beserta Ibu Negara Iriana Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla beserta Mufidah Jusuf Kalla tiba di Mabes TNI Cilangkap sekitar pukul 17.10 WIB, yang diterima langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Kedatangan Kepala Negara itu juga disambut dengan Shalawat Badar di Plaza Mabes TNI. 

Tujuan kegiatan buka puasa bersama Presiden RI dengan keluarga besar TNI-Polri dan masyarakat, pada hakekatnya untuk mewujudkan kebersamaan dan kekeluargaan antara Presiden RI dengan keluarga besar TNI/Polri dan masyarakat.

Sasaran kegiatan buka puasa bersama yaitu untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan terwujudnya rasa cinta dan kasih sayang serta soliditas dan sinergitas TNI-Polri dan masyarakat.

Tema kegiatan buka bersama yaitu "Dengan Hikmah Puasa Ramadhan 1439 H/2018 M Kita Mantapkan Soliditas Dan Sinergitas TNI-Polri Dalam Rangka Menjamin Kelangsungan Pembangunan Nasional". 

Rangkaian Buka Puasa Bersama dimulai pukul 17.15 WIB diawali dengan penyambutan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla dengan menampilkan Marawis gabungan TNI/Pom, kemudian pembacaan Ayat Suci Al Quran dan sari tilawah.

Selain Presiden dan Wapres, hadir dalam acara buka bersama itu, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut B Pandjaitan, mantan Wakil Presiden Try Sutrisno, mantan Panglima TNI Jenderal Purn Gatot Nurmantyo, mantan Panglima TNI Laksamana Purn Agus Suhartono, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Purn Ade Supandi serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Ketua DPR Bambang Soesatyo, dan Ketua DPD Oesman Sapta. 

Ceramah agama/tausiyah Hikmah Ramadhan oleh Prof. Dr. Nazaruddin Umar, M.A (Imam Besar Masjid Istiqlal), dilanjutkan buka puasa bersama (Minum dan Ta’jil), sholat magrib dilanjutkan sholat Isya dan sholat tarawih berjamaah serta terakhir pembagian bingkisan dan santunan kepada anak yatim secara simbolis.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018