counter

Arus Mudik

KAI Tanjungkarang berikan diskon 25 persen

KAI Tanjungkarang berikan diskon 25 persen

Menteri BUMN Rini Soemarno melepas keberangkatan KA Brantas Lebaran dalam Mudik Gratis BUMN di Stasiun Senen, Jakarta, Selasa (5/6/2018). Sebanyak tujuh perjalanan Kereta Api ke berbagai jurusan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur telah disediakan guna mengakomodir 1.520 penumpang mudik gratis tersebut. (ANTARA /Aprillio Akbar)

Bandarlampung (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional IV Tanjungkarang memberikan potongan (diskon) harga tiket sebesar 25 persen kepada calon penumpang yang akan menggunakan kereta api Kuala Stabas Premium mulai 5-11 Juni 2018.

"Kita memberikan diskon kepada calon penumpang yang ingin menggunakan kereta Kuala Stabas Premium," kata Manager Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang Farnoto Wibowo di Bandarlampung, Rabu.

PT KAI Tanjungkarang saat ini mengoperasikan rangkaian kereta api baru dengan nama Kuala Stabas Premium untuk melayani jurusan Tanjungkarang (Lampung)-Baturaja (Sumsel) dan sebaliknya. Dengan harga tiket normal sebesar Rp75.000, dengan adanya diskon 25 persen maka penumpang hanya membayar Rp56.250/orang.

Franoto menjelaskan, masa pemberian diskon ini masih bisa diperpanjang apabila permintaan atau minat masyarakat untuk naik KA Kuala Stabas masih meningkat.

"Kita fleksibel saja, kalau permintaan masih tinggi, masa dikson akan diperpanjang lagi," katanya.

Potongan harga tiket ini diberikan bersamaan dengan peluncuran kali pertama operasioanlisasi KA Kuala Stabas Premium di Provinsi Lampung.

Masyarakat Lampung harus berbangga dengan adanya kereta baru, selain pelayananan, fasilitas yang disediakan di dalam kereta juga sangat memanjakan para penumpang.

"Masyarakat harus senang dan bangga bisa ada kereta tambahan lagi di Lampung karena bisa meningkatkan daya angkut penumpang yang membutuhkan transportasi kereta api," jelasnya.

Ia juga menjelaskan harga tiket normal KA Kuala Stabas Premium sebesar Rp75.000 itu ditentukan oleh pemerintah pusat. Sedangkan untuk jurusan Tanjungkarang-Kotabumi (Lampung Utara) sebesar Rp60.000/orang.

"Harga ini sepenuhnya ditentukan oleh pemerintah pusat, karena daerah belum berhak menentukan harga tiket. Namun penentuan tersebut merupakan hasil musyawarah bersama antara Kepala Divre IV Tanjungkarang dan pemerintah pusat dengan melihat kondisi di daerah," kata dia.

Penambahan kereta premium tersebut dilandasi banyaknya minat masyarakat yang menggunakan angkutan kereta api penumpang setiap tahunnya maka diluncurkan kereta ini untuk angkutan penumpang jarak menengah.

KA Kuala Stabas Premium merupakan salah satu dari empat jenis kereta yang ada di Provinsi Lampung yang sudah terlebih dahulu beroperasi seperti Rajabasa, Sriwijaya Limex, KRD Seminung dan Wayumpu.

Dengan kapasitas penumpang yang mencapai 150 orang, diharapkan bisa menambah daya angkut saat menghadapi musim Lebaran seperti saat ini.

Kereta Api Kuala Stabas Premium hanya berhenti di tiga stasiun yaitu, Rejosari, Kotabumi, Martapura dan terakhir Baturaja.

"Semoga tidak ada lagi penumpukan penumpang di stasiun dengan dioperasikannya kereta api ini," kata Franoto.

Ia mengharapkan kepada masyarakat dan para penumpang bisa menjaga dan memelihara fasilitas yang disediakan oleh pihak PT KAI di KA Kuala Stabas Premium, agar tidak merugikan calon penumpang yang akan menggunakan kereta tersebut.
Petugas PT KAI berada di depan lokomotif kereta api ketika tiba di Stasiun Besar Medan, Sumatera Utara, Minggu (3/6/2018). Dalam mengantisipasi adanya lonjakan penumpang jelang Lebaran 2018, PT KAI Divre I Sumut melakukan penambahan beberapa rangkaian kereta api yakni satu kereta eksekutif, empat bisnis, dan dua kereta ekonomi. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Pewarta: Edy Supriyadi/Emir FS
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar