Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sekitar 5.700 bus sudah disiapkan untuk mengangkut pemudik dari Jakarta ke berbagai daerah menjelang libur Lebaran tahun ini.

"Lalu di tempat ini juga dilakukan pengecekan terhadap kelayakan bus membawa penumpang kembali ke kampung halaman. Sudah disiapkan angkutan 5.700 bus untuk mudik," katanya di Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Rabu.

Ia merinci armada angkutan mudik tahun ini antara lain mencakup 2.655 bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) reguler, dan 2.800 bus tambahan dari badan usaha milik negara dan penyelenggara angkutan mudik gratis lainnya.

"Seluruh bus itu diperiksa, dipastikan layak, sehingga pemudik bisa kembali ke kampung halaman tanpa ada masalah," kata Anies.

Gubernur memastikan seluruh aparat pemerintah siaga melayani dan menfasilitasi para pemudik.

"Semuanya, 100 persen siap. Petugasnya siap, fasilitas infrastrukturnya siap, sarpras semuanya dalam kondisi siap," katanya.

Di samping memastikan kesiapan armada angkutan, pemerintah juga menyediakan fasilitas-fasilitas pelayanan bagi pemudik, termasuk fasilitas pelayanan medis.

"Kita menyediakan fasilitas pemeriksa kesehatan bagi para pemudik, yang merasa perlu melakukan pengecekan kesehatan silakan datang ke puskesmas, dilayani gratis biar mudik dalam keadaan sehat," kata Anies.

Baca juga:
393 kereta api disiapkan untuk angkut pemudik
Kementerian Perhubungan tambah jumlah angkutan mudik

 

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018