Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan penerbangan asal Polandia beserta salah satu agen travel terkemuka berencana dalam waktu dekat akan memulai kembali penerbangan carternya dari Warsawa yang merupakan ibu kota Polandia menuju Denpasar.

Mendengar hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyambut baik dan mengapresiasi rencana penerbangan Warsawa-Denpasar itu.

"Ini suatu rencana yang luar biasa, bisa membawa turis dari Polandia langsung ke Denpasar, saya mengapresiasi dan mendukung terkait rencana ini," kata Menhub  dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu.

Sebelumnya, Duta Besar Indonesia untuk Polandia, Peter F Gontha mengatakan rencananya penerbangan carter Warsawa-Denpasar ini dua minggu sekali selama 4-5 bulan akan membawa kurang lebih 252 penumpang menuju Denpasar dengan maskapai LOT Airline.

Pada kesempatan tersebut Menhub Budi Karya Sumadi juga mengapresiasi kerja keras Duta Besar Indonesia untuk Polandia Peter F Gontha yang telah mendukung kunjungan wisatawan ke Indonesia.

"Saya juga sangat mengapresiasi kerja keras Duta Besar Indonesia untuk Polandia Bapak Peter F Gontha yang dengan berbagai upayanya telah berhasil menarik minat pemerintah Polandia untuk kembali membuka penenerbangan carter ke Denpasar secara direct," ujarnya.

Selanjutnya Menhub Budi Karya akan segera berdiskusi internal Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan pihak-pihak lainnya.

"Saya akan segera berdiskusi dengan Direktur Jenderal Perhubungan Udara terkait rencana ini. Kami ingin penerbangan ini tidak hanya selamat tapi juga untuk memastikan penerbangan tersebut sesuai aturan perundangan yang berlaku. Aturan jangan dilanggar," katanya.

Pada kesempatan yang sama Menhub secara tegas menyampaikan bahwa aturan perundangan tentang penerbangan yang berlaku di Indonesia wajib ditegakkan. Terlebih katanya ini ada terkait dengan keamanan negara karena membawa orang asing masuk ke Indonesia.

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018