Berlin (ANTARA News) - Penjualan mobil baru di Jerman anjlok pada Mei, menurut data resmi industri pada Selasa (5/6), yang disebabkan meningkatnya ketidakpastian mengenai masa depan mobil bertenaga mesin diesel.

Sebanyak 305.057 mobil baru terjual di Jerman bulan lalu, kata otoritas lisensi kendaraan federal KBA, merosot 5,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Menurut data itu, hanya 95.000 mobil yang bertenaga mesin diesel yang terjual, atau mengalami penurunan lebih dari 27 persen dibandingkan satu tahun sebelumnya.

Penurunan mobil tenaga diesel terjadi saat Hamburg menjadi kota pertama di Jerman yang melarang pengoperasian mobil diesel tua pada dua rute jalan guna mengurangi polusi udara, dengan beberapa kota lain sedang mempertimbangkan langkah serupa.

Baca juga: VW yakin lewati target penjualan 1 juta mobil listrik

Reputasi mesin diesel hancur sejak Volkswagen mengakui skandal emisi pada 2015 imbas memasang perangkat lunak pada jutaan kendaraan diesel di seluruh dunia untuk mencurangi tes emisi.

Sejak saat itu, kekhawatiran terhadap polusi dan anjloknya nilai jual kembali mobil diesel membuat konsumen berpaling dari teknologi yang pernah populer tersebut, demikian AFP.

Baca juga: Cara Alfa Romeo genjot penjualan mobil mewah

Baca juga: Mercedes-Benz jual 1.285 kendaraan penumpang Januari-April 2018

 
Penerjemah:
Copyright © ANTARA 2018