Astronaut pertama Spanyol ditunjuk jadi Menteri Sains

Astronaut pertama Spanyol ditunjuk jadi Menteri Sains

Ilustrasi astronot. (Pixabay/Skeeze)

Madrid (ANTARA News) - Pedro Duque, astronaut pertama asal Spanyol, akan diangkat menjadi menteri sains di negara tersebut oleh pemerintah sosialis baru.

Duque, seperti diberitakan AFP, menjadi warga Spanyol pertama yang pergi ke luar angkasa pada 1998 lalu. Dia mengikuti misi selama sembilan hari di pesawat ulang-alik Discovery setelah mengikuti pelatihan di Rusia dan Amerika Serikat.

Laki-laki berusia 55 tahun ini kembali ke luar angkasa pada 2003 dalam misi Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Sebagai menteri sains, dia bertanggung jawab untuk mempromosikan inovasi dan mengawasi universitas-universitas di Spanyol.

Duque lulus dari Polytechnic University Madrid pada 1986 dan terpilih enam tahun kemudian untuk mengambil bagian dalam program Badan Antariksa Eropa untuk astronaut masa depan.

Beberapa tahun belakangan ini, dia menjadi kritikus berbagai praktik seperti homeopathy dan mengecam pemangkasan besar anggaran penelitian ilmiah yang dilakukan pemerintah konservatif Mariano Rajoy, yang digulingkan pekan lalu.

“Di tengah krisis, masyarakat harus bertindak bijak agar masa depan mereka tidak dipertaruhkan,” tulis Duque dalam sebuah opini yang diterbitkan di surat kabar El Pais.

Baca juga: Dua astronaut baru diterbangkan ke stasiun ruang angkasa

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Astronaut China tunjukkan cara minum air di luar angkasa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar