Banjarmasin (ANTARA News) - Aktivitas pemudik yang menggunakan moda transportasi kapal melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sudah mulai terlihat ramai.

Ada kenaikan aktivitas sekitar lima persen dibandingkan awal Ramadhan.

General Manajer Pelindo III Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Recky Julius Uruilal usai meninjau persiapan arus mudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kamis mengatakan, pada H-8 Lebaran ini jumlah penumpang kapal mulai terjadi peningkatan.

"Sudah ada peningkatan jumlah penumpang sekitar lima persen. Memang peningkatannya belum terlalu signifikan, namun kami tetap mengantisipasi bila terjadi lonjakan, terutama pada H-3 Lebaran," katanya.

Ia mencontohkan pada hari biasa, jumlah penumpang kapal roro hanya sekitar 100 orang per hari, dan pada awal Puasa mulai naik menjadi sekitar 150-200 orang per hari, dan kini rata-rata telah mencapai di atas 200 orang penumpang setiap kapal per hari.

Berdasarkan data pada Rabu (6/6), total jumlah penumpang arus mudik dengan kapal mencapai tujuh ribu orang.

"Bila melihat perkembangan hingga saat ini, jumlah penumpang kapal, diperkirakan tidak terjadi kenaikan signifikan, mengingat beberapa pelabuhan regional Kalimantan, juga telah melaksanakan angkutan arus mudik, sehingga jumlah penumpang bisa terbagi," katanya.

Berbeda dibanding 2017, jumlah penumpang sebagian besar bertumpu di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, sehingga banyak penumpang dari luar daerah, baik itu dari Batulicin, Tanah Bumbu dan dari Kalimantan Tengah, memilih mudik melalui pelabuhan di Banjarmasin ini.

Mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, tambah dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait.

"Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, bila saat ini dalam satu hari terdapat dua kapal yang berangkat, maka menjelang Lebaran, mulai H-7 jumlah kapal yang berangkat bisa menjadi empat kapal per hari," katanya.

Selain koordinasi, tambah dia, pihaknya juga telah mulai melakukan pembenahan di pelabuhan penumpang Trisakti, seperti memasang tambahan ruang tunggu dan lainnya.

Seperti tahun sebelumnya, pihaknya juga membangun posko di pelabuhan, baik kesehatan penumpang maupun keamanan.

Selain penumpang, saat ini kedatangan barang, baik kebutuhan pokok dan lainnya, juga mulai meningkat signifikan.

"Peningkatan kedatangan barang cukup signifikan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang puasa dan Lebaran," katanya.

Bukan hanya kebutuhan pokok, kedatangan barang-barang lain seperti semen dan kebutuhan infrastruktur lainnya juga meningkat cukup signfikan.

Baca juga: Pemudik Bandara syamsudin Noor capai 156.570 orang

Pewarta: Ulul Maskuriah
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2018