Sukabumi, Jawa Barat (ANTARA News) - Kiriman uang dari warga Sukabumi yang bekerja di luar negeri melonjak menjelang Lebaran dengan jumlah uang yang dikirimkan melalui Kantor Pos Sukabumi sampai Rp17 miliar dalam empat hari dari 1 sampai 4 Juni.

"Mendekati Idul Fitri pengiriman uang dari luar negeri khususnya TKI melonjak drastis," kata Manager Penjualan dan Pengembangan Outlet Kantor Pos Sukabumi Munandar Januardhy di Sukabumi, Kamis.

Ia menjelaskan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri memang biasa mengirim uang dalam jumlah banyak untuk keluarga di dalam negeri menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Karenanya Kantor Pos Sukabumi menambah gerai pelayanan pengambilan uang kiriman TKI. Pengambilan uang kiriman TKI saat ini sudah bisa diambil di gerai yang ada di kantor cabang seperti yang ada di wilayah selatan dan utara Kabupaten Sukabumi.

"Sejak awal Juni sudah ada sekitar empat ribu transaksi pengambilan uang melalui WU (Western Union) yang ada di kantor pos. Bahkan warga yang mengambil uang terus bertambah seiring pengiriman uang TKI melonjak," kata Munandar.

Kepala Kantor Pos Sukabumi Ilham Permoni mengatakan dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, kiriman uang TKI tahun ini meningkat sekitar 10 persen. Mayoritas TKI yang mengirim uang ke keluarganya di Sukabumi bekerja di Timur Tengah dan Asia.

"Warga yang mengambil uang kiriman dari jasa WU tersebut sama sekali tidak ada potongan alias gratis. Jika ada oknum Kantor Pos yang melakukan pungutan langsung laporkan ke kami," katanya.

Baca juga: Dalam satu tahun TKI kirim Rp148 triliun ke Indonesia
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018