Jakarta (ANTARA News) - Bank DKI meraih penghargaan atas perannya sebagai inisiator penerbitan uang elektronik berbasis kartu pertama di Indonesia (The First Trendsetter e-Money) dalam ajang "Infobank Banking Service Excellence Awards 2018".

"Kami juga menerima penghargaan Best Overall Performance atas komitmen mendukung transaksi nontunai," kata Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI, Priagung Suprapto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Priagung Suprapto menyampaikan bahwa Bank DKI komitmen mendorong penerapan transaksi nontunai. Untuk produk JakCard, saat ini dapat dipergunakan sebagai transaksi pembayaran di Transjakarta, Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional dan Museum Seni Rupa & Keramik.

Kartu elektronik ini juga dipergunakan sebagai kartu identitas untuk PNS Pemprov DKI, penghuni rusun milik Pemprov DKI, Kartu Jakarta Pintar dan Kartu Lansia Jakarta. "Yang terbaru, juga dapat dipergunakan sebagai pembayaran tiket kereta api Bandara Soekarno-Hatta," katanya.

Untuk menjawab tuntutan masyarakat akan transaksi keuangan yang cepat dan modern, Bank DKI melakukan berbagai inovasi menuju digital banking melalui produk JakOne Mobile. Produk ini merupakan aplikasi layanan keuangan yang terdiri atas mobile banking dan mobile wallet yang dapat dipergunakan untuk bertransaksi kebutuhan sehari-hari.

Bank DKI terus melakukan pengembangan fitur pada JakOne Mobile dengan melakukan penambahan pembayaran untuk BPJS Kesehatan, Pajak Bumi dan Bangunan serta digitalisasi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Samsat Polda Metro Jaya.

Atas hal tersebut pada 26 Maret 2018, Bank DKI berhasil mendapatkan rekor MURI untuk kategori pelayanan STNK secara digital dengan sistem pembayaran melalui QR Pertama di Indonesia.

Di sektor pemerintahan, Bank DKI juga telah mendukung penerapan transaksi nontunai di lingkup Pemprov DKI Jakarta melalui "System Jakarta One", antara lain untuk e-Retribusi, e-Samsat yang bekerjasama dengan Polda Metro Jaya, e-Ticketing, e-Parking, dan lain sebagainya, kata Priagung.

Penerapan transaksi nontunai tersebut juga mencakup sektor pendidikan di DKI Jakarta, di mana Bank DKI turut berpartisipasi membangun Sistem Informasi Akuntabilitas Pendidikan Bantuan Operasional Sekolah Bantuan Operasional Pendidikan (SIAP BOS-BOP).

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018