Kupang (ANTARA News) - Arus mudik yang melewati Bandara Internasional El Tari Kupang, NTT mulai mengalami peningkatan pada H-8 jelang perayaan Idul Fitri 1438 Hijriah, kata Kepala Humas Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang Kadir Usman,Jumat.

"Jumlah pemudik yang berangkat melalui bandara El Tari Kupang pada H-8 kemarin terpantau sudah mengalami kenaikan di bandingkan hari-hari biasa," katanya kepada Antara di Kupang.

Ia menyebutkan sampai pada perhitungan terakhir pada Kamis (8/6) malam pukul 23.00 WITA pihak Posko Bandara El Tari Kupang menghitung kurang lebih 3.489 pemudik berangkat melewati bandara tersebut.

Jumlah itu jika dibandingkan dengan tahun 2017 dengan hari yang sama mengalami kenaikan yang cukup signifikan yakni mencapai 24 persen. Yakni pada tahun 2017 hanya ada 3.136 pemudik yang melewati bandara El Tari Kupang.

Jumlah pemudik yang berangkat dari bandara El Tari ini dipastikan akan terus meningkat sampai pada H-1 perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah,? tambahnya.

Disamping jumlah pemudik yang berangkat meningkat, jumlah pemudik yang tiba di bandar El Tari juga mengalami peningkatan sebesar tujuh persen jika dibandingkan dengan tahun 2017.

Tahun ini pada H-8 Idul Fitri, penumpang yang tiba sudah mencapai 3.314 pemudik. Sementara pada tahun 2017 di hari yang sama jumlahnya hanya mencapai 3.098 pemudik, tambah Kadir.

Disamping itu, selain jumlah pemudik yang mengalami peningkatan. Jumlah pesawat yang melayani pemudik jelang Idul Fitri juga dipastikan mengalami peningkatan.

Sebab pada H-8 jumlah pesawat yang tiba di bandara El Tari mengalami kenaikan sebesar 21 persen dibandingkan pada tahun 2017 yang jumlahnya hanya mencapai 33 pesawat. Yang mana pada tahun 2018 ini terdapat 41 pesawat yang tiba.

Demikian pun dengan keberangkatan. Jumlah pesawat yang berangkat dari Bandara El Tari mengalami kenaikan dengan jumlah pesawat 41 pada tahun 2018 dan pada tahun sebelumnya hanya mencapai 33 pesawat.

"Data penumpang dan pesawat adalah data kemarin. Sementara pada hari ini baru akan direkapitulasi pada jam terakhir penerbangan yakni pada pukul 23.00 WITA," ucap Kadir.

Baca juga: Kemenhub terapkan rekayasa "rest area" hindari penumpukkan

Pewarta: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018