Surabaya (ANTARA News) - Perusahaan Daerah Air Minum (DPAM) Surya Sembada Kota Surabaya, mengerahkan 109 petugas respons cepat untuk bersiaga menjaga pelayanan prima selama libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Dirut PDAM Surya Sembada Surabaya, Mujiaman di Surabaya, Jumat, mengatakan 109 orang petugas ini disiapkan untuk bisa merespons cepat semua permasalahan pelayanan air yang dikeluhkan para pelanggan PDAM.

"Di antaranya keluhan pelanggan menyangkut air mampet atau tidak keluar, pipa bocor atau masalah teknis di lapangan sejenisnya," katanya.

Untuk menghubungi para petugas ini, lanjut dia, pelanggan cukup mengakses call center bebas pulsa 0800 192 6666. PDAM menjamin setiap panggilan akan ditindaklanjuti secepatnya karena layanan pengaduan respons cepat ini diberikan selama 24 jam.

Agar tidak terjadi antrean panggilan masuk, lanjut dia, direksi PDAM juga menyiapkan para petugas call center. Ada 20 orang yang disiapkan untuk bertugas melayani telepon para pelanggan.

"Kami juga telah melakukan Safari Ramadhan untuk mengecek keandalan produksi air bersih di Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM). Kunjungan ini untuk menjamin pasokan air kepada para pelanggan PDAM Surya Sembada," ujarnya.

Menurut dia, IPAM Ngagel dan Karangpilang yang selama menjadi andalan PDAM untuk memasok air minum para pelanggan diawasi oleh operator selama 24 jam nonstop.

"Tujuannya untuk mendeteksi apabia ada masalah menyangkut produksi air minum," katanya.

Pada saat libur Lebaran, kata dia, loket pembayaran rekening air tetap akan buka meski ada perubahan jadwal pelayanan. Customer service serta loket pembayaran akan buka pada 9 dan 11 Juni 2018 pukul 08.30-12.00 WIB.

Pelayanan loket PDAM tutup pada 12-20 Juni 2018, akan kembali buka pada normal pada 21 Juni 2018.

"Untuk pembayaran rekening air meski hari libur tetap bisa dibayarkan melalui loket payment point online bank (PPOB), bank-bank yang sudah bekerja sama, indomart dan alfamart serta kantor pos se-Indonesia," ujar Manajer Humas PDAM Surabaya, Agus Subagyo.

Jika ada oknum yang menagih pembayaran di rumah pelanggan, Agus meminta untuk segera melapor ke PDAM karena jelas itu masuk pungutan liar. Laporan bisa diterima di 0812 331 6666.

"Kami ingatkan kepada pelanggan yang mau mudik lebaran untuk mematikan semua kran yang tersambung dengan pipa PDAM. Matikan kran saat akan mudik," katanya.
 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2018