Medan, 8/6 (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Sumatera Utara membentuk empat satgas dalam Operasi Ketupat Toba 2018 dan Pengamanan Idul Fitri 1439 H, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

"Diharapkan masyarakat di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut), dalam merayakan Hari Lebaran dengan rasa aman dan nyaman," kata Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan di Medan, Jumat.

Empat satgas yang dibentuk itu, menurut dia, yaitu 1. Satgas Turbinjali dengan Subs satgas 4, antara lain Sub satgas Pamovit, Binmas, Samapta dan Satwal dibawah pimpinan Kasubdit Gasum Dit samapta Polda Sumut.

Kemudian 2. Satgas Kamseltibcarlantas dengan subs satgas 2, antara lain Subs satgas PJR dan Kamsel dibawah pimpinan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Sumut, 3.Satgas Lidik Sidik dengan Subs satgas 3, yaitu sub satgas Intelkam, Reskrim dan Jibom, dibawah pimpinan Kasubdit III Ditreskrim Polda Sumut.

4. Satgas Ban Ops dengan Subs satgas 7, yakni sub satgas Humas, Pol Udara, Pol Air, Propam, TIK, Dokkes dan Brimob, dibawah pimpinan Kasubbid Penmas Bid Humas Polda Sumut.

"Tujuan Operasi Ketupat Toba itu, adalah terjaminnya rasa aman warga masyarakat, dalam menjalankan ibadah, tertib dan lancar baik sebelum, pada saat dan pascaIdul Fitri 1439 H," ujar AKBP MP Nainggolan.

Ia mengatakan, sasarannya yakni 1.Potensi Gangguan: Peningkatan arus lalu lintas menjelang dan sesudah Idul Fitri 1439 H.Perubahan cuaca yang dapat menimbulkan bencana alam seperti banjir, longsor, dan kebakaran.

2 .Ambang gangguan: kebut-kebutan, tawuran antar desa,warung/rumah makan yang buka siang hari, sweeping ormas,shalat tharawih, buka puasa, ngabuburit dan sahur.

3.Gangguan nyata: Teror bom, curanmor, curas, pencurian rumah kosong, laka lantas, bencana alam dan narkoba.

Pelibatan kekuatan personel baik dari Polri maupun instansi lain dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1439 H di wilayah Provinsi Sumut sebanyak 7.759 polri dan 2.088 personil.

"Dengan perincian sebagai berikut Satuan Tugas Polda Sumut (535 personil) dan satuan tugas wilayah (7.189 personel)," kata Kasubbid Penmas Polda Sumut itu.

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018