Banda Aceh (ANTARA News) - Pelabuhan Malahayati di Krueng Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, antara lain dengan menerapkan aplikasi berjaringan internet untuk mempermudah pengguna jasa kepelabuhan.

"Sekarang, kami sudah memberikan pelayanan secara online. Kalau dulu harus datang ke kantor," kata General Manager Cabang Pelabuhan Malahayati Pelindo I (Persero) Sam Arifin Wiwi di Banda Aceh, pertengahan pekan ini.

Menyangkut kinerja Pelabuhan Malahayati pada triwulan pertama 2018, baik dari aspek manajemen maupun aspek operasional, Sam Arifin menyebutkan cenderung membaik dibanding periode sebelumnya.

Namun, lanjut dia, secara operasional seperti lalu lintas kapal, ada penurunan. Penurunan ini tidak hanya terjadi Pelabuhan Malahayati, tetapi juga di pelabuhan lainnya di Indonesia.

"Lalu lintas kapal di Pelabuhan Malahayati tidak terlalu banyak, sebulan ada 15 kali dengan jumlah peti kemas sekitar 700 unit. Kami tentu berharap jumlah ini meningkat ke depan," kata Sam Arifin memaparkan.

Pada triwulan kedua, Sam Arifin mengakut optimis kinerja Pelabuhan Malahayati, baik secara manajemen maupun operasional meningkat dibanding triwulan pertama 2018.

Dalam meningkatkan kinerja, sebut dia, pihak akan berupaya mengembangkan beberapa pelayanan kepada pengguna jasa. Di antaranya memudahkan permohonan kepada pengguna jasa melalui aplikasi berbasis internet.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2018