Samarinda (ANTARA News) - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, mengajak semua komponen masyarakat Kalimantan Timur bersatu padu dalam menjaga keamanan dan persatuan NKRI.

Hal ini diungkapkan Hadi saat memberi sambutan di acara Safari Ramadan TNI-Polri yang berlangsung di Mapolresta Samarinda, Jumat (8/6/2018).

Hadi menuturkan, sebelum ke Samarinda, dirinya bersama Kapolri Jenderal Tito Karnavian sudah menggelar Safari Ramadan ke sejumlah daerah.

Ia menyebutkan sejumlah safari yang telah dilaksanakan diantaranya di kota Surabaya, Lampung dan Yogyakarta.

"Hari ini kita di Samarinda, apa yang ingin kita peroleh adalah ingin mengajak komponen masyarakat TNI, Polri untuk bersatu padu menjaga NKRI," kata Hadi.

Ia menambahkan bahwa berbagai aksi teror yang terjadi beberapa waktu lalu, tak boleh terulang kembali.

"Peristiwa yang kita lihat beberapa bulan lalu sebelum Ramadhan terjadi peristiwa di luar perkiraan kita bersama," katanya.

Belajar dari kejadian tersebut Hadi mengajak tokoh agama, tokoh masyarakat, TNI dan Polri, dan semua komponen masyarakat harus bersama menangkal teroris.

"TNI prajuritnya 500 ribu, dan Polri 450 ribu, ini kekuatan yang besar tapi tidak optimal tanpa bantuan masyarakat," ucap Hadi.

Ia berharap, cita-cita mewujudkan kedamaian di Negeri ini bisa terwujud.

"Semoga apa yang kita inginkan bisa terwujud. Yakni menjadikan Negara Indonesia yang aman dan tentram, Gemah Ripah Loh jinawi dan Toto Tersebut Kerto Raharjo," tegasnya.
Arsip. Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan), Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (ketiga kanan), dan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (keempat kanan) menghadiri buka puasa bersama TNI-Polri di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Selasa (5/6/2918). Buka puasa bersama yang dihadiri sejumlah pejabat tinggi negara tersebut mengangkat tema "Dengan Hikmah Puasa Ramadhan 1439 H/2018 M Kita Mantapkan Soliditas dan Sinergitas TNI-Polri Dalam Rangka Menjamin Kelangsungan Pembangunan Nasional". (ANTARA /Indrianto Eko Suwarso)

Pewarta: Arumanto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018