Jakarta (ANTARA News) - Garuda Indonesia pada Jumat resmi meluncurkan program "Sedekah Umroh" yang ditujukan bagi anggota Garudamiles untuk memberangkatkan masyarakat yang kurang mampu ke Tanah Suci.

Program "Sedekah Umroh" ini didukung oleh Kementerian Agama dengan Asosiasi Penyelenggara Ibadah Haji dan Umroh selaku penyedia paket perjalanan. Peluncuran ditandai dengan nota kesepahaman antara Garuda Indonesia dan Kementerian Agama yang dilaksanakan oleh Direktur Niaga Domestik Nina Sulistyowati dan Sekretaris Jendral Kementerian Agama RI Nur Syam di Jakarta, Jumat.

"Melalui program Sedekah Umroh ini, Garuda Indonesia mengajak seluruh anggota GarudaMiles untuk dapat ikut memberikan donasi dengan menyumbangkan `mileage` yang dimiliki untuk mewujudkan mimpi masyarakat yang layak untuk diberangkatkan melaksanakan ibadah Umroh," kata Nina.

Nina menjelaskan program Sedekah Umroh telah diperkenalkan pada masyarakat lewat soft launching yang bertepatan dengan penyelenggaraan Garuda Indonesia Travel Fair 2018 di Jakarta Convention Cente pada April lalu.

Peluncuran resmi ini bertujuan meningkatkan kesadaran bagi anggota GarudaMiles untuk menyumbangkan kelipatan 1.000 miles. Mileage atau poin yang didapatkan dari terbang bersama Garuda Indonesia bisa bermacam-macam, tergantung jarak penerbangan dan kelas yang dipilih.

Mileage yang terkumpul akan dikonversikan dalam bentuk tiket untuk keberangkatan umroh. Ada pun satu tiket keberangkatan umroh setara dengan 80.000 mileage yang terkumpul.

"Saat ini kami baru mengkonversikan satu paket umroh. Pada tahap awal, Garuda Indonesia menargetkan sedikitnya memberangkatkan 100 orang terpilih menjalankan ibadah Umroh," kata Nina.

Menurut dia, program "Sedekah Umroh" merupakan inisiatif sekaligus mediator yang memberikan kesempatan kepada stakeholders dan pengguna jasa Garuda Indonesia untuk berbagi kepada sesama dengan mendonasikan mileage yang dimiliki.

Pada momen yang baik di bulan Ramadhan ini, melalui program "Sedekah Umrah" dapat menjadi opsi lain medium beramal dalam bentuk konversi reward mileage yang nantinya dapat dikontribusikan masyarakat untuk umat melalui dukungan pemberangkatan ibadah umrah kepada masyarakat yang membutuhkan.

Saat ini Garuda Indonesia melayani penerbangan dari berbagai kota besar di Indonesia menuju Arab Saudi menggunakan pesawat berbadan lebar yaitu, Boeing 777-300ER dan Airbus A330-300 sebanyak 30 kali seminggu.

Ada pun tujuannya adalah Jakarta-Jeddah (18 kali seminggu); Jakarta-Madinah (3 kali seminggu); Surabaya-Madinah (1 kali seminggu); Medan-Jeddah (2 kali seminggu); Banda Aceh-Jeddah (2 kali seminggu); Makassar-Jeddah via Medan (2 kali seminggu) dan Solo-Jeddah via Banda Aceh (2 kali seminggu).

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018