Mexico City (ANTARA News) - Topan Aletta pada Jumat (8/6) bertambah kuat jadi Badai Kategori 4 pada Skala Saffir-Simpson, saat berada 815 kilometer di sebelah barat-daya Pelabuhan Manzanillo di Negara Bagian Colima, kata Dinas Meteorologi Nasional (SMN).

Satu laporan SMN mengatakan bahwa pada pukul 10.00 waktu setempat, Aletta "membawa dengan kecepatan maksimum 220 kilometer per jam dan hembusan sampai 270 kilometer per jam".

Aletta adalah badai pertama di Pasifik Timur pada musim ini, yang dimulai secara resmi pada 15 Mei dan akan berlangsung sampai 30 November.

Kondisi itu telah meningkatkan ancaman hujan sangat lebat yang diprakirakan mengguyur Negara Bagian Jalisco, Colima, Michoacan dan Nayarit di Meksiko Barat, demikian laporan Xinhua, Sabtu pagi.

SMN juga melaporkan front cuaca baru di sebelah selatan Teluk Tehuantepec di Meksiko Tenggara, yang dapat berubah menjadi badai.

Lembaga cuaca tersebut juga menyarankan penduduk di daerah yang diduga akan paling terpengaruh agar melakukan langkah pencegahan karena resiko hujan, angin dan gelombang kuat.

Komisi Air Nasional Meksiko (Conagua) memperkirakan 32 badai untuk musim ini, empat lebih banyak daripada rata-rata, dan 18 di Pasifik sementara 13 di Atlantik.

(Uu.C003)
 

Pewarta: Chaidar Abdullah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018