Jakarta (ANTARA News) - Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma dirediksi akan dibanjiri pemudik pada hari Minggu (10/6) dan Senin (11/6)  atau H-5 dan H-4 lebaran 2018.

Eksekutif General Manager Angkasa Pura II cabang Bandara Halim Perdanakusuma, Marsekal Pertama TNI AU Pip Darmanto, saat ditemui Antara mengatakan prediksi tersebut tidak lepas dari pemberian cuti bersama yang cukup panjang dalam libur Lebaran 2018 ini.

"Jadi karena libur cukup panjang prediksi puncak arus mudik itu maju beberapa hari dan kami prediksi pemudik yang berangkat dari Halim akan maksimal atau sekitar 27 ribu," kata Darmanto di kawasan Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu.

Jumlah tersebut, kata pak Pip (sapaan akrab Pip Darmanto), merupakan kalkulasi dari penambahan penerbangan ryang ketika puncaknya saat keadaan biasa, bisa mencapai 22 ribu dengan menggunakan 78 penerbangan tiap harinya.

"Dengan adanya penambahana penerbangan sebanyak 14 kali pulang-pergi, maka ketika puncaknya, maksimal ada sekitar 27 ribu penumpang yang akan terangkut oleh penerbangan dari Halim," ujar Pip.

Pip menerangkan telah terjadi peningkatan jumlah penumpang yang sudah terlihat sejak Jumat (8/6) lalu dengan jumlah pemudik yang diberangkatkan sekitar 19 ribu orang.

"Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak bandara menambah jumlah outlet 'self check in' agar penumpang tidak terhambat terlalu lama untuk menuju ke pesawat," katanya menambahkan.

Dari informasi yang dihimpun Antara, penerbangan di Halim Perdanakusuma mengalami penambahan sekitar 14 kali yang terdiri dari empat slot dari maskapai Citilink (Malang, Semarang, Solo, Jogjakarta); dua slot maskapai Susi Air (Cilacap, Nusawiru); dan enam slot maskapai Batik Air (Bandar Lampung, Jogjakarta, Solo, Surabaya, Padang).

"Tapi Batik juga ajukan penambahan slot lagi dua slot ke Malang dan Semarang yangsaat ini dalam proses" ujarnya menambahkan. ***4***
 
Marsekal Pertama TNI AU Pip Darmanto, Eksekutif General Manager Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma saat ditemui di kantornya di Jakarta, Sabtu (9/6) (Antara/Ricky Prayoga)

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018