Yogyakarta (ANTARA News) - Rombongan peserta mudik bareng PT Jasa Raharja (Persero) tiba di Terminal Giwangan, Yogyakarta, Sabtu, sekitar pukul 23.39 WIB, setelah menempuh perjalanan selama sekitar 15 jam dari Jakarta.

Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Wahyu Widodo yang ikut menyambut peserta Mudik Bareng Guyup Rukun BUMN 2018 di Terminal Giwangan menyampaikan selamat datang, dan bersyukur peserta tiba dengan selamat.

Hingga pukul 23.39 WIB, menurut dia, baru ada empat bus yang tiba di terminal tersebut. Tidak ada laporan kendala dalam kegiatan mudik bareng Jasa Raharja rute Jakarta-Yogyakarta.

"Sejauh ini tidak ada laporan kendala, hanya kemungkinan kemacetan di sejumlah titik saja yang membuat pemudik terlambat tiba di Giwangan," ujar dia.

PT Jasa Raharja (Persero) memberangkatkan 23 unit bus yang seluruhnya berangkat dari Pantai Karnaval, Ancol, Jakarta, menuju Yogyakarta.

Adapun program mudik gratis bersama PT Jasa Raharja (Persero) tahun 2018 merupakan bagian dari Program Mudik Bareng Guyub Rukun perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

PT Jasa Raharja (Persero) sendiri memberangkatkan sekitar 38 ribu pemudik pada tahun 2018 ke setidak-tidaknya 30 kota di beberapa provinsi seperti Semarang, Jepara, Salatiga, Pekalongan, Tegal, Klaten dan lain-lain.

Para pemudik diberangkatkan dengan total 600 unit bus, delapan?kereta api dan dua kapal laut.

Program Mudik Bareng BUMN Guyub Rukun?demi mewujudkan komitmen BUMN Hadir Untuk Negeri sendiri mengalami peningkatan peserta mudik sekitar 65 persen dibandingkan tahun lalu.

Pada tahun 2018, sebanyak 164. 412 pemudik diberangkatkan oleh 62 perusahaan BUMN. Di tahun 2017, program ini diikuti 99.576 peserta yang didukung 27 perusahaan BUMN.

Program ini juga diarahkan untuk pemudik yang selama ini menggunakan kendaraan roda dua karena catatan angka kecelakaan selama mudik biasanya 70 persen didominasi oleh kendaraan roda dua.

Pewarta: Virna Puspa S
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018