counter

Arus Mudik

Ratusan speed boat layani pemudik di Jambi

Ratusan speed boat layani pemudik di Jambi

Foto dokumen: Sejumlah pemudik dan penumpang reguler kapal cepat tujuan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau bersiap memasuki kapal di dermaga Pelabuhan LLASDP Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat, Jambi, Sabtu (17/6/2017). (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Jambi (ANTARA News) - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Lalu Lintas Angkutan Sungai dan Perairan (LLASDP) Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi menyatakan ratusan kapal penumpang jenis "speed boat" melayani pemudik di sejumlah dermaga pelabuhan di daerah itu.

"Rekapan data yang masuk dalam arus mudik ini terdapat 70 kapal yang datang dan 69 kapal yang berangkat di tiga dermaga pelabuhan di Kuala Tungkal," kata Kepala UPTD LLASDP Tanjab Barat, MN Manalu dihubungi di Jambi, Minggu.

Pergerakan penumpang arus mudik yang menggunakan jalur laut di daerah itu kata Manalu, mulai mengalami peningkatan sejak Sabtu (9/6) malam dengan jumlah penumpang yang datang dan berangkat mencapai dua ribuan.

Ribuan pemudik yang datang melalui dermaga perlabuhan tersebut kata dia, rata-rata berasal dari sejumlah wilayah di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau.

Dermaga penumpang di daerah itu terletak di Muara Sungai Pengabuan, sekitar 10 mil dari ambang luar laut pantai timur Sumatera, dimana setiap tahun selalu ramai dipadati para pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Pihak LLASDP Tanjung Jabung Barat mengaku terus melakukan pemantauan dan mengimbau para pengemudi "spead boat" untuk tetap mengutamakan keselamatan penumpang dan tidak menaikan tarif angkutan secara berlebihan.

Selain itu para pengemudi angkutan laut di daerah itu kata Manalu, diimbau untuk membawa penumpang sesuai dengan manifesnya dan tidak berlebihan karena dikhawatirkan akan berdampak pada keselamatan.

"Kita sudah mengantisipasi agar tidak terjadi berbagai hal yang tidak diinginkan, dan sebelumnya angkutan telah melalui pengecekan dan laik jalan," katanya menambahkan.

Baca juga: Belasan ribu pemudik Jambi mudik ke Jawa

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar