Cianjur (ANTARA News) - Menjelang tengah malam volume kendaraan dengan ciri khas mudik yang melintas di Jalur Puncak-Cianjur, Jawa Barat, meningkat didominasi kendaraan roda empat dengan jarak dekat.

Pantauan sejak Minggu sore hingga malam menjelang volume kendaraan pemudik yang melintas di Jalur Puncak hingga perbatasan Cianjur dengan Bandung Barat, memasuki H-4 terus meningkat.

Sejak dinihari Minggu hingga sore kendaraan pemudik yang melintas di dominasi jenis roda dua dengan barang bawaan yang diikat di bagian belakang jok sepeda motor. Sedangkan menjelang malam didominasi kendaraan roda empat dengan barang bawaan diikat diatas atap.

Meningkatnya volume kendaraan pemudik menyebabkan antrian di sejumlah titik tepatnya di sejumlah paar tumpah di sepanang jalur tersebut seperti di Pasar Cipanas, Pasar Ramayana Cianjur dan Pasar Ciranjang.

Beberapa orang petugas di Pospam di sepanjang jalur tersebut mengungkapkan volume kendaraan sudah meningkat sejak dua hari terakhir dan terus bertambah hingga H-4 dengan jumlah permenit mencapai 100 kendaraan didominasi kendaraan roda empat.

Baca juga: Puncak arus mudik di jalur Garut terjadi lebih awal

"Hari ini volume meningkat tajam dibandingkan dua hari sebelumnya. Sebagian besar pemudik jarak pendek seperti Cianjur selatan, Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis dan Jawa Tengah," kata Toni petugas di Pos Pam Cipanas.

Sesuai intruksi pimpinan ungkap dia, ketika terjadi antrian kendaraan petugas di masing-masing pos akan melakukan rekayasa arus agar antrean tidak sampai memanjang dan menyebabkan macet total.

"Untuk hari ini, kendaraan padat merayap dibeberapa titik terlihat antrian seperti di Pasar Cipanas dan Pasar Ciranjang. Lewat tengah malam diperkirakan akan kembali normal," katanya.

Baca juga: H-7 pemudik mulai melintas di Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018