Kupang (ANTARA News) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Kupang, Minggu, memberangkatkan empat kapal ke dua rute penyeberangan di provinsi berbasis kepulauan itu.

Kedua rute penyeberangan itu adalah rute penyeberangan Pelabuhan Bolok Kupang-Rote Ndao dan Bolok-Pelabuhan Waibalun Larantuka, kata General Manager ASDP Cabang Kupang, Burhan Zahim, kepada Antara di Kupang.

"Biasanya hanya satu kapal yang diberangkatkan, tetapi hari ini ada empat kapal yang kami berangkatkan. Setiap rute penyeberangan kami berangkatkan dua kapal," katanya.

Menurut dia, kebijakan penambahan kapal ini karena adanya peningkatan para pengguna jasa angkutan penyeberangan ke dua rute pelayaran itu, selain untuk kepentingan kenyamanan pelayaran.

"Memang ada sedikit peningkatan penumpang, tetapi kami harus menambah kapal karena mempertimbangkan kenyamanan para penumpang. Kami tidak ingin para penunpang berdesak-desakan dalam kapal," katanya.

Apalagi, para penumpang yang berangkat umumnya membawa serta kendaraan roda dua maupun roda empat, sehingga para penumpang tidak bisa menempati dek bagian bawah yang biasa digunakan untuk mengangkut kendaraan.

Dia menambahkan, untuk keberangkatan kapal dalam satu atau dua hari ke depan, ASDP akan tetap mempertimbangkan untuk menambah kapal jika ada peningkatan penumpang.

"Semua kapal ASDP dalam kondisi siap. Kita akan menambah kapal ke rute penyeberangan jika ada peningkatan permintaan dari para pengguna jasa penyeberangan," katanya.

Burham Zahim mengatakan saat ini ASDP telah telah menyiapkan delapan unit kapal untuk melayani masyarakat yang akan melakukan liburan Lebaran.

"Untuk melayani masyarakat dan mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang saat libur Lebaran ini, kami sudah menyiapkan delapan unit kapal motor penumpang (KMP)," katanya.

Menurut dia, lonjakan jumlah penumpang yang bepergian ke berbagai daerah di NTT sering terjadi pada momentum liburan panjang.

Khusus liburan hari raya Idul Fitri, lonjakan jumlah penumpang biasanya terjadi H-4 atau H-3.

Baca juga: Arus mudik di Bandara El-Tari mulai meningkat

Pewarta: Bernadus Tokan
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018