Kupang, Nusa Tenggara Timur (ANTARA News) - Kepala Balai Taman Nasional (TN) Komodo Budi Kurniawan mengungkapkan, arus kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Komodo sudah mulai berdatangan memasuki musim liburan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Saat ini kunjungan ke Taman Nasional Komodo tinggi karena liburan panjang Lebaran. Wisatawan sudah tampak mulai membeludak," kata Budi kepada Antara dari Kupang, Senin.

Ia menjelaskan, wisatawan mulai memulai berdatangan ke destinasi wisata yang terkenal dengan satwa purba komodo itu sejak awal bulan ini.

Biasanya, lanjut Budi, arus wisatawan akan terus ramai hingga musim high season (periode di mana permintaan untuk berpergian ke suatu tempat tinggi) pada Agustus 2018.

"Seperti juga pada tahun-tahun sebelumnya, saat-saat seperti ini ramai pengunjung terutama mancanagara, jadi lebih ramai dibandingkan bulan-bulan sebelumnya," kata Budi.

Budi menyebutkan, membludaknya arus wisatawan dapat membuat para agen perjalanan wisata menolak permintaan karena sarana terbatas seperti kapal.

"Bisa saja seperti itu karena kapal-kapal semua sudah disewa pada musim ramai kunjungan seperti ini," kata Budi.

TN Komodo mencatat, jumlah kunjungan wisatawan ke salah satu dari 10 destinasi wisata unggulan nasional itu selama Januari-April 2018 mencapai 45.630 orang, yang terdiri dari 27.550 turis mancanagara dan 17.640 orang turis dalam negeri.

Jumlah wisatawan ini, lanjutnya, tercatat meningkat dibandingkan kuartal pertama 2017 sebanyak 38.147 orang.

"Biasanya rata-rata kunjungan per bulan akan meningkat selama Juni hingga puncak high season di Agustus," kata Budi.

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018