Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai rencana Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menjadi calon presiden sebagai langkah positif karena dia menilai Amien  memiliki kemampuan dan kapasitas.

"Saya kira langkah terobosan Amien ini positif untuk ke depan," kata Fahri di Jakarta, Senin.

Fahri menyebut Amien salah satu putra terbaik bangsa Indonesia yang mengawal transisi dari peralihan rezim otoriter kepada rezim demokrasi sekarang ini.

Menurut dia, dalam reformasi yang berkelanjutan selama lebih dari 20-30 tahun, Amien konsisten menjaga dan tahu bahwa kapasitas mesin demokrasi yang dimiliki negerinya.

Fahri menengarai Amien yang sudah berusia 74 tahun terinspirasi Mahathir Mohamad untuk kembali berkuasa karena dia menganggap ada kesalahan dalam mengelola pemerintahan saat ini.

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais mengisyaratkan maju menjadi calon presiden 2019 usai berbuka puasa di Rumah Dinas Ketua Umum MPR, Zulkifli Hasan di Widya Chandra, Jakarta Selatan, Sabtu malam pekan lalu.

Amien Rais menjelaskan PAN akan mengusung empat calon presiden dari partainya untuk ditawarkan ke partai koalisi yaitu dia sendiri, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, mantan Sekjen PAN Sutrisno Bachir, dan mantan Ketua Umum PAN Hatta Radjasa.

"PAN serius mencalonkan Amien Rais `running for President 2019`, dan kami memiliki alasan kuat untuk pencalonan tersebut," kata Wakil Ketua Umum DPP PAN Viva Yoga Mauladi sehari setelah pernyataan Amien itu keluar.

Baca juga: Fahri dorong Amien Rais maju jadi Capres

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018