Mangupura, Bali (ANTARA News) - Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah, tim gabungan Badan Narkotika Nasional Provinsi Bali menggelar pemeriksaan urine terhadap sopir bus di Terminal Tipe A Mengwi, Badung.

Dalam operasi yang dipimpin Kepala BNN Kabupaten Badung AKBP Ni Ketut Masmini di Terminal Mengwi, Senin, itu 35 orang dari BNN Provinsi Bali, BNN Kabupaten Badung, Polres Badung, Polsek, Koramil, Dinas Perhubungan dan Terminal Mengwi dilibatkan untuk memeriksa urine sopir bus AKAP.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi dini terhadap adanya penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh awak bus, baik itu sopir bus maupun kondektur," kata Masmini.

Ini juga untuk memastikan sopir yang mengantar pemudik terbebas dari penggunaan narkoba sehingga mengantar pemudik hingga tempat tujuan dengan selamat.

"Kalau ada sopir bus yang kedapatan menggunakan narkoba, jelas akan diberikan sanksi tegas sesuai amanat Undang-Undang. Apabila ditemukan sopir bus yang ditemukan menyalahguna narkoba dan tidak melaporkan kepada BNN, maka akan diberikan sanksi pidana," kata Masmini.

Ia menegaskan, tujuan utama pemeriksaan urine ini agar jawak bus tidak membahayakan penumpang.

"Saya berharap dengan dengan kegiatan ini dapat memberikan efek deteran kepada sopir bus agar tidak menyalahgunakan narkoba, termasuk penumpangnya," kata Masmini.

Baca juga: Jasa Marga persiapkan pengalihan arus di gerbang tol Cikarang
 
 

Pewarta: I Made Surya
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018