counter

Jet tempur F-15 AS jatuh di Perairan Okinawa Jepang

Jet tempur F-15 AS jatuh di Perairan Okinawa Jepang

Ilustrasi - Sebuah pesawat F15 diisi ulang bahan bakar oleh Angkatan Udara Amerika Serikat KC-135 saat European Tanker Symposium dari RAF Mildenhall, Inggris, Kamis (17/5/2018). (REUTERS/Darren Staples)

Jakarta (ANTARA News) - Satu unit jet tempur F-15 militer Amerika Serikat jatuh di perairan Pulau Okinawa, di bagian selatan Jepang, dekat pangkalan militer AS, dalam misi latihan rutin pada Senin, demikian pasukan AS dalam sebuah pernyataan.

Pilot, satu-satunya orang dipesawat itu, berhasil melontarkan diri dan ditemukan tim SAR, tambahnya. Sementara sebuah tim pejabat akan menyelidiki insiden itu.

Pangkalan militer AS di Okinawa banyak diasosiasikan warga setempat dengan kejahatan, kecelakaan dan polusi, bahkan mereka mengharapkan fasilitas itu dipindahkan dari wilayah mereka. Serangkaian pendaratan darurat dan jatuhnya sejumlah partikel pesawat kerap menimbulkan kecemasan keselamatan bagi warga setempat.

Pemerintahan Perdana Menteri Shinzo Abe saat ini tengah berencana merelokasi pangkalan marinir AS Futenma dari sebuah kawasan perkotaan di Okinawa tengah ke distrik Henoko, yang berpenduduk jarang, di Kota Nago sebelah utara pulau Okinawa.

Pengerjaannya pun telah dimulai dengan mereklamasi lahan dekat Kamp Schwab, pangkalan militer AS di Henoko, sebelah selatan Kota Nago, Okinawa.

Baca juga: Jet tempur Yunani jatuh di Laut Aegea

Baca juga: Pesawat tempur F-15K Korsel jatuh, pilot dikhawatirkan tewas

Baca juga: Jet F-16 jatuh di Turki Tengah, seorang prajurit tewas

Baca juga: PM Jepang janji pindahkan pangkalan militer AS di Okinawa

Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar