Cilegon (ANTARA News) - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksamana Muda TNI Yudo Margono memimpin langsung patroli laut di wilayah perairan Selat Sunda, khususnya perairan wilayah Banten, dalam rangka pengamanan laut arus mudik lebaran tahun 2018.

"Koarmada I menyiagakan unsur-unsurnya, dimana semua pangkalan di bawah jajaran Koarmada I terlibat aktif dalam pengamanan lebaran khususnya di perairan yang menjadi tanggung jawab Koarmada I," kata Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono dalam konferensi pers di Cilegon, Senin.

Selain itu pengamanan juga menyangkut di pelabuhan-pelabuhan wilayah barat, dengan melibatkan unsur-unsur KRI Koarmada I, satuan kapal patroli Lantamal jajaran Koarmada I, serta kapal-kapal patroli keamanan laut dari Lanal Koarmada I beserta Prajuritnya.

Laksamana Yudo Margono juga berkesempatan meninjau langsung khususnya di wilayah perairan Jakarta dan Banten untuk memastikan kesiapsiagaan personilnya.

Menurut dia, Koarmada I menyiagakan tiga unsur KRI, yaitu KRI Teluk Cirebon - 543, KRI Tenggiri-865, KRI Sikuda-863 dan KRI Torani-860, termasuk menyiagakan kapal angkatan laut Tamposo, dan tiga unit Patkamla dari Lanal Banten.

Laksamana Muda TNI Yudo Margono menjelaskan, kegiatan patroli bertujuan untuk pengamanan menjamin kelancaran, keamanan, kenyamanan, serta mengantisipasi terjadinya berbagai tindak kejahatan di laut, seperti perompokan, illegal fishing, illegal loging, illegal entry, maupun aksi terorisme yang mengancam kelangsungan keamanan arus mudik lebaran tahun 2018.?

"Ini untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan di wilayah perairan, terutama saat pelaksanaan angkutan lebaran," ujar dia.

Koarmada 1 menyiagakan kapal patroli untuk meningkatkan pengawasan, dan melakukan pengamanan jalur laut, agar dapat mengantisipasi secara dini kemungkinan adanya tindak kejahatan di laut dengan memaksimalkan patroli laut secara berkesinambungan, jelas Laksamana Muda TNI Yudo Margono.

Pewarta: Ganet Dirgantara/Susmiatun Hayati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018