Cirebon (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menilai pelaksanaan mudik lewat darat, laut dan udara hingga H-3 secara nasional berjalan lancar sehingga mampu mempersingkat waktu tempuh serta mengurangi kecelakaan lalu lintas.

"Saat ini saya perkirakan sudah 2/3 pemudik dari 19 juta total pemudik sudah mudik dan dalam beberapa hari ini masih ada pergerakan lagi," kata Menhub kepada pers saat meninjau Terminal Bus Harjamukti di Cirebon, Selasa.

Ikut dalam kunjungan itu Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi dan Dirut PT Jasa Raharja Budi Rahardjo.

Menurut Menhub, keberhasilan itu merupakan sinergi baik antara Dinas Perhubungan, Pemda/Pemkot, TNI dan Polri di setiap daerah.

Dari hasil statistik, kata dia, kecepatan kendaraan bermotor bisa ditingkatkan karena tidak terlalu banyak kendaraan di jalan raya. Demikian juga dengan angka kecelakaan, menurun drastis dibanding tahun lalu.

Makin cepatnya waktu tempuh kendaraan, antara lain disebabkan banyaknya jalan tol yang ada baik berstatus operasional dan fungsional, juga baiknya kondisi jalan nasional nontol.

Selain itu, kata Menhub, banyaknya angkutan gratis bus, kereta api dan kapal laut yang disediakan pemerintah bisa menekan penggunaan kendaraan pribadi.

"Ke depan pemerintah akan meningkatkan kemampuan angkut penumpang dengan bus, kereta api, kapal hingga pesawat udara," kata Budi Karya.

Untuk Lebaran tahun ini, Menhub mengatakan, jumlah pemudik menggunakan angkutan umum juga cenderung meningkat sehingga bisa mengurangi pemakaian kendaraan pribadi.

Dia mencontohkan, pemudik menggunakan pesawat udara tahun ini meningkat cukup signifikan 14 persen. "Suatu kenaikan yang siginifikan dari target semula hanya naik empat persen," kata Menhub.

Pemerintah, tambah dia, pada tahun depan akan meningkatkan okupansi angkutan umum seperti bus, kereta api, kapal laut, dan pesawat terbang sehingga diharapkan kemacetan parah tak terjadi lagi.

Menhub dalam kunjungan itu menggunakan helikopter dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Cikopo untuk memantau tol Jakarta-Cikampek. Selanjutnya dari Cikopo ke Cirebon menggunakan jalan darat.

Baca juga: Menhub ajak dialog pemudik sepeda motor

Baca juga: Menhub: Kegiatan arus mudik berjalan baik

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018